2022, Kaltim Tuan Rumah Pekan Kebudayaan Nasional

Pekan Kebudayaan Daerah 2021 Sukses Digelar

Samarinda, Nomorsatukaltim.com – Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Kaltim 2021 sukses digelar. Diadakan sejak Senin (13/9/2021) hingga Rabu (15/9/2021) kegiatan diwarnai dengan beberapa agenda.

Salah satunya Festival Kudungga 2021 Kaltim. Acara tahunan garapan Dinas Pendidikan dan Kebudayan (Disdikbud) Kaltim melalui UPTD Taman Budaya Kaltim ini turut dimeriahkan artis dari ajang Indonesia Mencari Bakat (IMB), Hudson.

Momen spesial ini dibuka Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim, H Hadi Mulyadi di Swiss-Belhotel Samarinda Jalan Mulawarman.

Baca juga: Tari Panti Lotung Limo Bua; Perjuangan Masyarakat PPU Menghadapi Pandemi

Dilanjutkan dengan seabrek kegiatan bertema budaya khas daerah Benua Etam di UPTD Taman Budaya Kaltim Jalan Kemakmuran selama 3 hari.

Di antaranya festival kudungga, permainan tradisional, pameran seni rupa dan bazar berbagai hasil kerajinan tangan bernuansa budaya dari UMKM binaan PKK 10 kabupaten/kota se-Kaltim.

“Kesenian dan budaya ini sangat penting untuk mempersatukan bangsa. Jadi seni budaya harus terus dikembangkan. Pemerintah akan support penuh. Karena 2022 mendatang Kaltim akan jadi tuan rumah Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) se-Indonesia,” jelas Hadi Mulyadi didampingi Ketua PKK Kaltim, Hj Norbaiti dan Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Yaqub pada Nomorsatukaltim.com-Disway News Network (DNN).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kaltim, Anwar Sanusi mengatakan, PKD 2021 ini upaya melestarikan budaya dan kesenian di Kaltim.

Dukung UMKM bernuansa budaya khas Benua Etam lewat bazar di Pekan Kebudayaan Daerah 2021. Ismid Rizal (kanan) bersama ketua PKK Samarinda dan pejabat lainnya ajak masyarakat terus semangat lestarikan budaya serta seni. (TONI/NOMOR SATU KALTIM)

Baca juga: Disdikbud Kaltim Gelar Pertunjukan Tari dan Dialog

Juga bentuk Disdikbud menjalankan tugas dan tujuan utama dalam meningkatkan seni budaya Kaltim.

“Pekan kebudayaan daerah ini untuk mengapresiasi seni budaya Kaltim yang berkembang di tengah masyarakat. Juga untuk meningkatkan kualitas seni budaya Kaltim agar tidak tergerus oleh perkembangan zaman,” ujar Anwar Sanusi yang diamini oleh para Kadisdikbud 10 kota/kabupaten di Kaltim

Kepala UPTD Kaltim, Ismid Rizal menguraikan, PKD Kaltim 2021 ini kegiatannya cukup banyak. Seperti Festival Kudungga memamerkan berbagai kesenian tari-tarian.

Permainan tradisional ada egrang, gasing yoyo dan banyak lagi. Selanjutnya ada pameran seni rupa kesenian, lukisan mural dan pameran keris pusaka dari Museum Mulawarman Tenggarong.

Baca juga: Disdikbud Kaltim Gelar Workshop Guru Youtuber

Juga ada bazar hasil kesenian kerajinan tangan dari UMKM binaan PKK se-Kaltim.

“Untuk Festival Kudungga ada yang dinilai dan dilombakan. Yakni ada penata tari, penyaji tari terbaik, kostum terbaik. Dan lomba permainan tradisional. Semua kami siapkan dengan total hadiah sekitar Rp 40 juta,” ujar Ismid.

Ditambahkan ismid, meski susana pandemi, namun acara berjalan lancar aman dan sukses. Tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan ketat. Karena pesertanya juga dibatasi hanya 60 orang saja.

“Kali ini tema PKD 2021 adalah Sandang, Papan, Pangan. Kemudian mendatangkan artis Hudson agar para peserta bisa menginspirasi kreativitasnya. Di 2022 Kaltim akan jadi tuan rumah PKN. Mulai sekarang kita harus mempersiapkan segala sesuatunya agar pada hari-H maksimal,” harap Ismid.(adv/hry/ton/zul)

Leave A Reply