AdvertorialKukar

Pemilihan WMP Berprestasi, Dispora Kukar Targetkan 200 Pengusaha Muda

Kukar, nomorsatukaltim.com – Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kutai Kartanegara (Kukar) mengadakan pemilihan Wirausaha Muda Pemula (WMP) berprestasi tingkat kabupaten tahun 2020 ini. Kegiatan ini untuk memberikan apresiasi kepada para pemuda yang aktif di dunia usaha. Mereka yang telah menunjukkan hasil serta berpotensi untuk berkembang lebih pesat.

Kepala Bidang (Kabid) Kewirausahaan Kepemudaan dan Kepramukaan Dispora Kukar, Aji Ali Husni mengatakan, ada empat kategori usaha yang akan diperlombakan dari tingkat kabupaten hingga nasional.

“Di tahun ini banyak kategori yang dilombakan, bahkan lebih dari 10. Secara nasional ada empat kategori yang dilakukan penilaian. Pertama industri kreatif; kedua teknopreneur; ketiga sociopreneur (wirausaha sosial); dan religiopreneur,” kata Ali, Kamis (22/10/2020).

Menurut Ali, pendaftaran telah dibuka sejak 5 Oktober sampai 13 November 2020. Pihaknya menargetkan 200 pemuda yang berwirausaha mengikuti lomba tersebut. “Saat ini ada sebanyak 30 sampai 50 orang yang telah mengambil formulir pendaftaran. Tinggal kami menunggu untuk pengumpulan berkas-berkas,” jelasnya.

Ia menerangkan, bagi para calon peserta dapat mempersiapkan persayaratan-persyaratan yang telah ditentukan juri. Seperti berdomisisi di Kukar, rentang usia 16 sampai 30 tahun. Kemudian usahanya sudah berjalan minimal satu tahun dan peserta juga belum pernah mendapat penghargaan.

“Peserta pendaftar harus melampirkan fotokopi KTP, foto ukuran 4 x 6 dua lembar, surat pengantar dari kelurahan atau desa atau kecamatan, dan proposal usaha,” terangnya.

Ada beberapa tahapan yang akan dilalui para calon peserta pemilihan WMP. Yakni Tahap Administrasni, Kedua Proprosal, Ketiga Survei dan Verifikasi, Keempat Presentasi dan Kelima Interview.

Dengan kegiatan ini, Dispora berharap membantu para wirausaha muda di Kukar sekaligus mempersiapkan dalam persaingan usaha digital marketing. Terlebih lagi, karena saat ini Kalimantan Timur dipilih sebagai Ibu Kota Negara (IKN) di masa yang akan datang. “Kita juga mempersiapkan pemuda kita untuk bersaing, jangan sampai kita menjadi penonton,” tuturnya.

Ali menambahkan, pendaftaran peserta dapat mendatangi langsung ke kantor Dispora Kukar. Panitia akan menyampaikan beberapa hal secara langsung mengenai syarat perlombaan tersebut.

“Kami berharap mereka bisa datang ke sini, karena ada beberapa hal yang harus kita sampaikan secara langsung. Seperti penjelasan terkait pembukuan atau pencatat yang baik. Dan kita sudah siapkan pencatatan yang sederhana, sehingga bisa memenuhi persyaratan tersebut. Tujuannya tidak menyulitkan mereka, justru malah membantu mereka dalam segi pencatatan,” pungkasnya. (adv/dah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button