DPRD Balikpapan

Hanura Merapat ke Golkar, Paripurna DPRD Balikpapan Umumkan Tujuh Fraksi

banner diskominfo kaltim

l

BALIKPAPAN, nomorsatukaltim.com-Terkait dengan agenda pengumuman pembentukan Fraksi-fraksi dan rotasi Alat Kelengkapan Dewan (AKD), Kamis (17/2), bertempat di ruang rapat gabungan, DPRD Kota Balikpapan melakukan Rapat Paripurna masa sidang I tahun 2022.   

Rapat dipimpin Wakil Ketua, Subari. Dan didampingi Budiono yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan. Paripurna ini juga sesuai dengan ketentuan undang-undang dan arahan surat perintah DPRD Balikpapan, dimana fraksi-fraksi dan AKD dapat melakukan perubahan setelah 2,5 tahun. Atau sisa periode dimasa jabatan 2019-2024.

Dalam penjelasannya Subari mengatakan, sejak dilatik Agustus tahun 2019 silam, DPRD Balikpapan telah membentuk fraksi yang berdasarkan rekomendasi partai yang memiliki kursi di lembaga tersebut. Melalui mekasnisme tata tertib (tatib). Dan perubahan dapat dilakukan sesuai mekanisme yang telah ditentukan.

“Sesuai agenda Badan Musyawarah (Bamus), hari ini kami membacakan susunan fraksi-fraksi di sisa masa jabatan 2019-2024. Yang tadinya ada enam sekarang menjadi tujuh fraksi,” ujar Subari.

Adapun 7 fraksi yang ada saat ini :

  1. Fraksi Golkar Inklud Hanura 13 kursi
  2. Fraksi PDIP 8 kursi
  3. Fraksi Gerindra 6 kursi
  4. Fraksi PKS 6 kursi
  5. Fraksi Demokrat 4 kursi
  6. Fraksi PPP bersama Perindo 4 kursi
  7. Fraksi Nasdem bersama PKB 4 kursi.

Untuk selanjutnya tambah Subari, pada tanggal 22-23 Ferbuari mendatang akan dilakukan pemilihan AKD. Nantinya setiap fraksi akan memilih dan menempatkan kader-kader terbaiknya ditempat yang diinginkan.

“Mengenai mekanisme pemilihannya akan diserahkan kepada masing-masing komisi yang sudah terbentuk,” pungkas Subari.(adv/ale)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button