Terjang Banjir, Bold Riders Samarinda Distribusikan Paket Daging Kurban

SAMARINDA, nomorsatukaltim.com – Sebanyak 7 komunitas motor yang tergabung dalam Bold Riders Samarinda berkolaborasi untuk memberikan paket daging kurban kepada Panti Asuhan serta warga terdampak pandemi di kota Samarinda. Komunitas motor yang terlibat meliputi Joker Samarinda Max Club, CBR Community Samarinda, YNCI Samarinda, YVCI Samarinda, BRANDAL, Ghost Riders Borneo dan NINJA MODUS.

Perwakilan komunitas tetap antusias melakukan penyembelihan tiga ekor kambing dan kemudian menjadikan bingkisan daging siap edar. Ditengah hujan lebat yang mengguyur kota Samarinda, sebanyak 60 paket daging kurban berhasil didistribusikan untuk Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Darul Ulum Wadda’wah Al Hasaniyah serta warga kurang mampu di sekitar lokasi penyembelihan.

Andy Cahya Tresna yang akrab dipanggil “CT” mewakili Bold Riders Samarinda menjelaskan, sebelum acara berlangsung, teman-teman bikers mengumpulkan donasi dan memilih sendiri hewan kurban untuk dibeli. “Semangat anak-anak Bold Riders tetap membara ditengah hujan dan banjir yang terjadi selama kegiatan berlangsung. Semoga kegiatan yang kami lakukan ini bisa menjadi inspirasi dan memberikan manfaat bagi banyak orang,” jelas CT di Samarinda, Rabu (21/7/2021).

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) tahun 2021. Bersamaan dengan momentum hari Kurban 1442 H, Kolaborasi KITA menggelar program #KITABerbagi2021 dengan tema ‘KITA Berbagi, Merajut Peduli Untuk Sesama’.

Dalam program sosial ini terlibat sebanyak 679 komunitas dengan lebih dari 14.000 anggota di 82 kabupaten/kota di Indonesia Timur. Namun, dalam pelaksanaannya, masing-masing komunitas hanya diwakili beberapa anggotanya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Komunitas yang terdiri dari Bold Riders, Super Friends, Heppiii Community, dan Kill The LAst ini berhasil mengumpulkan lebih dari 670 kambing dan 7 sapi. Hewan-hewan kurban itu kemudian dipotong dan dagingnya diberikan kepada ribuan anggota masyarakat yang berhak, yang tersebar di 82 kabupaten/kota.

Kolaborasi KITA ini merupakan tahun kedua. Pada tahun 2020, kegiatan yang sama melibatkan 379 komunitas dengan donasi sebanyak 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing. Saat itu lebih dari 5.000 paket daging kurban berhasil dibagikan.

Pembagian hewan kurban hasil inisiatif dari Kolaborasi KITA tahun 2021 ini semakin berarti. Pasalnya, program ini berhasil mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekornya adalah Pembagian Paket Daging Kurban Oleh Komunitas Terbanyak.

Bagi Kolaborasi KITA, ini adalah penghargaan ketiga dari MURI. Sebelumnya Rekor MURI pertama adalah Donor Darah oleh komunitas terbanyak. Sedangkan Rekor MURI kedua merupakan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) terbanyak. Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020. (*)

Leave A Reply