Penyuntikan Dosis Kedua Kill Covid di Balikpapan Berlanjut

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Penyuntikan dosis kedua vaksinasi untuk warga yang ikut dalam program Kill Covid, akhirnya terealisasi. Vaksinasi dilakukan di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome, Senin (2/8).

Terpantau, ratusan warga antre sesuai nomor urut yang sudah diatur sedemikian rupa oleh petugas dari Dinas Kesehatan (Diskes) Balikpapan. Rencananya semua warga yang ikut dalam program percepatan vaksinasi yang diinisiasi Komunitas Indonesia Lawan Libas COVID-19. Disingkat menjadi Kill Covid. Akan diselesaikan dalam waktu dekat.

“Tadinya sempat cemas ya, kok tidak ada pemberitahuan lagi setelah vaksin pertama,” ujar Riska, warga Graha Indah.

Kepala Diskes Balikpapan Andi Sri Juliarty menyebut dosis kedua program Kill COVID-19 datang sesuai jumlah yang dibutuhkan yakni 1.000 vial atau sama dengan 10 ribu dosis. Ditambah lagi dengan vaksin untuk program dari TNI dan Polri serta vaksin untuk keperluan Diskes sendiri. Totalnya berjumlah 1.691 vial, bermerek Coronavac.

“Terdiri dari Kill Covid 1000 vial, Polri 406 vial, TNI 185 vial, Dinkes 100 vial. Total ada 1.691 vial semua untuk dosis 2,” ujarnya, Senin (2/8).

Baca juga: Serba Digital, Pendaftaran Vaksinasi di Bandara SAMS Balikpapan Enggak Ribet

Sebelumnya ia mengimbau masyarakat yang penyuntikan dosis kedua sudah jatuh tempo, diarahkan mendapat vaksinasi di lokasi penyuntikan pertamanya dulu. Jadi kalau ada warga yang sudah vaksin dosis satu di Puskesmas Klandasan Ilir, bisa kembali mendatangi Puskesmas tersebut.

“Kecuali 3 ribu orang peserta vaksinasi Kill Covid di RSUD Beriman diarahkan ke lokasi sentra vaksinasi di BSCC. Khusus untuk tanggal 3 dan 4 Agustus,” katanya.

Alasannya, karena saat ini RSUD Beriman yang berlokasi di Jalan Mayjen Sutoyo, kawasan Gunung Malang, Balikpapan Tengah, sedang mengalami over kapasitas perawatan pasien COVID-19.

“Sehingga tidak mungkin dilakukan vaksinasi Kill Covid dosis kedua di sana,” ungkapnya.

Selain itu, semua Puskesmas melayani vaksinasi dosis kedua dari program Kill Covid, dengan melibatkan Satgas ditingkat RT.

“Kader dan pengurus PPKM Mikro semua kita libatkan,” imbuhnya. (ryn/boy)

Leave A Reply