Dinsos PPU Serahkan Beras, Bantu Warga Lalui Masa PPKM

PPU, nomorsatukaltim.com – Pendemi memang belum berakhir. Maka dari itu, bantuan juga belum berhenti. Sekira 13 ribu keluarga miskin di Benuo Taka menerima bantuan dalam bentuk beras.

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 diberlakukan di Penajam Paser Utara (PPU). Masyarakat menjerit. Untuk mendapatkan pemasukan sebanding dengan hari-hari sebelum pembatasan.

“Semoga bantuan ini dapat membantu dan meringankan beban masyarakat di tengah situasi pandemi COVID-19 seperti sekarang,” ujar Bupati PPU Abdul Gafur Mas’ud (AGM) saat simbolisasi penyerahan di Desa Giri Mukti, Rabu (28/7/2021).

Bantuan ini berasal dari Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Dinas Sosial (Dinsos). Sejatinya bantuan beras 10 kilogram Bulog ini didistribusikan oleh Kantor Pos. Untuk menekan adanya potensi kerumunan.

Jumlah total penerima bersumber dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), yaitu 13.457 keluarga penerima manfaat (KPM). Terdiri dari 5.123 KPM dari program keluarga harapan (PKH) dan penerima bantuan sosial tunai (BST) 8.334 KPM.

Kepala Dinsos PPU, Bagenda Ali menuturkan bahwa selain jumlah tersebut, masih akan menerima bantuan lagi sebanyak 3.156 KPM.

“Akan diserahkan secara bertahap. Mekanismenya bisa langsung kepada masyarakat maupun melalui Kelurahan dan Desa yang ada,” katanya.

Selain bantuan ini, sambungnya, bantuan sosial tunai (BST) juga masih berlanjut. Sebelumnya program ini berhenti di April. Namun diperpanjang untuk Mei dan Juni. Jumlah Rp 300 ribu per bulan.

“Semoga penyaluran bantuan beras PPKM ini berjalan lancar. Jadi dapat membantu masyarakat melalui masa sulit ini,” pungkasnya. (rsy/zul)

Leave A Reply