3 Ribu Orang Daftar CASN Kukar, Formasi Nakes Mendominasi

Kukar, nomorsatukaltim.com – Sejak pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dibuka pada 2 Juli 2021 lalu, total pendaftar yang sudah masuk dan terdata secara online oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kutai Kartanegara (Kukar) sebanyak 3 ribuan pendaftar.

Diperkirakan, jumlah tersebut akan terus bertambah hingga hari terakhir pendaftaran, yakni 26 Juli 2021 nanti. Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi BKPSDM Kukar, Ibnu Hamdiansyah M menjelaskan, banyak calon peserta yang dinyatakan gugur secara administrasi.

Hal ini dikarenakan para pendaftar tidak memahami secara utuh persyaratan dan berkas yang harus dikumpulkan. Mengirim dan mengunduh berkas ke dalam sistem online tidak sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan dari panitia seleksi.

“Banyak yang langsung gugur, persyaratan harus lengkap dan tertib administrasi. Sebelum di-upload harus diteliti dulu, hal-hal remeh tapi penting dan menggugurkan,” ujar Ibnu dihubungi Disway Kaltim dan nomorsatukaltim.com, Jumat (23/7/2021).

Sejauh ini dikatakan oleh Ibnu, baik panitia seleksi maupun pendaftar tidak menemukan adanya kendala yang berarti dalam proses rekrutmen. Hanya sempat sehari pada masa pendaftaran, terkendala jaringan yang down. Dikarenakan adanya perbaikan tower jaringan di sekitar Komplek Kantor Bupati Kukar.

Dari tiga formasi yang diincar oleh para pendaftar, yakni CASN tenaga pengajar, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tenaga pengajar, dan PPPK tenaga kesehatan (nakes). Ternyata yang paling diminati ialah formasi PPPK nakes.

“Yang paling diminati (formasi) nakes,” lanjut Ibnu.

Diketahui, Kukar sendiri mendapatkan jatah formasi untuk retrutmen CASN sebesar 1.204 formasi. Tentu dengan jumlah pendaftar hingga penutupan pendaftaran seleksi CPNS, bakal ada 50 persen lebih yang tersisih. Untuk kemudian bisa menjadi ASN di Kukar. (mrf/zul)

Leave A Reply