ngopi

Sulit Diakses, Pendaftaran Online Vaksinasi di Balikpapan Ditunda

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Proses pendaftaran vaksinasi online di Balikpapan dikeluhkan warga. Pasalnya, link yang tersebar di media sosial sulit diakses.

Program vaksinasi untuk masyarakat umum itu dikhususkan bagi warga Kota Beriman dibuka melalui tautan http://balikpapan.go.id/umum sejak Kamis (22/7/2021).

Kuota yang disiapkan yakni 1.000 orang untuk penyuntikan dosis pertama, dengan nomor urut dari angka 1.001 sampai 2.000. Adapun ketentuan nomor urut antrean yang sudah terdata dalam aplikasi, tidak bisa digantikan dengan nama orang lain.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Balikpapan Sutadi menyebut proses pendaftaran vaksinasi terkait dengan kecepatan akses data yang saling terkait antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Terkait IT memang bisa cepat dan kadang-kadang bisa timbul masalah,” ujarnya, Kamis (22/7/2021).

Adapun kendala teknis yang memungkinkan sulitnya akses pendaftaran yakni terkendala jaringan internet yang tidak bisa mengakses data Nomor Induk Kependudukan (NIK) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). “Saya sudah koordinasi dengan bu dokter Dio (Kepala Dinas Kesehatan). Karena ada kendala jaringan internet,” ungkapnya.

Untuk mengatasi kendala teknis itu, Sutadi menyebut pihaknya menunda pendaftaran vaksinasi untuk masyarakat umum dan akan memberi informasi kepada masyarakat secara terbuka. “Sehingga teman-teman tidak berpikir yang bukan-bukan. Ini kendala teknis saja,” imbuhnya. (ryn/boy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply