ngopi

COVID-19 Varian Delta Masuk Bontang, 3 Warga Sudah Terpapar

BONTANG, nomorsatukaltim.com – Sebanyak tiga warga Bontang dinyatakan terjangkit COVID-19 varian delta. Varian baru tersebut diketahui usai Dinas Kesehatan (Diskes) Bontang mengirim 33 sampel pasien positif ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI).

Hal itu disampaikan Kepala Diskes Bontang Bahaudin, didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bontang Dasuki, dalam konferensi pers virtual, Rabu (21/7/2021). Sampel tersebut dikirim untuk menjalani uji whole genome sequencing (WGS), guna mengetahui varian COVID-19 yang menjangkiti pasien.

“Dari 33 sampel, tiga sampel sudah diterima hasilnya, dan dinyatakan terjangkit varian delta,” ujar Bahaudin,

Ketiga pasien yang terjangkit varian baru tersebut, dirincikan Bahaudin adalah perempuan berusia 9 dan 18 tahun, serta laki-laki berusia 22 tahun. Ketiganya kini sudah dinyatakan sembuh. Sementara itu, pihaknya masih menunggu hasil 30 sampel sisanya dari Balitbangkes.

Dengan ditemukannya varian baru COVID-19 ini, tambah Kadiskominfo Dasuki, Pemkot Bontang meminta masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang lebih ketat. Sementara itu, Pemkot akan mengintensifkan 3T, yakni tracing, testing, treatment, serta vaksinasi secara massal.

“Varian baru ini lebih menular dari sebelumnya. Jadi ayo dihadapi bersama,” pungkas Dasuki. (zul)

 

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply