Kodim 0906/Kukar Gelar Vaksinasi Tahap II di Tenggarong Seberang

Kukar,nomorsatukaltim.com – Ribuan masyarakat sudah memadati Gedung Beladiri, Stadion Madya Aji Imbut, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kukar, Sabtu (17/7/2021) lalu. Massa menunggu antrean vaksinasi tahap dua.

Vaksinasi tersebut digelar Kodim 0906/Tenggarong. Sebagai lanjutan vaksinasi tahap pertama pada 1 Juli lalu. “Ini program ketiga kita. Dimana tahap pertama sudah kita lakukan selama sepekan sejak 1 Juli lalu. Dan total keseluruhan vaksinasi khusus dari TNI yang sudah di distribusikan ini sebanyak 6.000 dosis,” terang Komandan Kodim 0906/Kukar Letkol Inf Charles Alling pada awak media.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu masyarakat, sehingga terjadinya kekebalan kelompok. Dimana hal itu sesuai arahan presiden. TNI ditugaskan untuk melakukan proses vaksinasi.

“Karena kunci untuk bisa keluar dari pandemi ini adalah dengan terjadinya kekebalan kelompok, melalui proses vaksinasi ini,” tuturnya.

Antusiasme masyarakat yang mengikuti vaksinasi tahap dua ini sangat luar biasa. Hanya saja berdasarkan data yang disiapkan dinas kesehatan (diskes) Kukar, saat ini Kodim 0906/Tenggarong masih memiliki utang dosis tahap dua sebanyak 31.000.

“Saat ini kita masih tertinggal jauh. Karena presentase cangkupan vaksinasi kita baru mencapai 15 persen. Dari total keseluruhan sebanyak 541.000. Karena sasaran vaksinasi sekarang bukan hanya 18 tahun ke atas, tapi harus 12 tahun ke atas. Sehingga targetnya membengkak,” beber Alling.

pemprov iduladha

Namun demikian, ia mengungkapkan bahwa secara sistem, di Kukar sudah sangat bagus. Baik mulai dari pelayanan hingga pendaftaran.

“Tercatat dalam sejam sudah bisa melayani vaksinasi lebih dari 100 orang. Dilihat dari indicator, ini sudah sangat luar biasa. Terutama berkat kombinasi kerja sama antara tim dari TNI dengan diskes,” katanya.

“Dan apabila sistem ini terus dilakukan, maka target bisa tercapai. Dengan catatan bahan vaksinasinya ini bisa kita terima dengan cepat. Tapi nyatanya agak sedikit tersendat,” ungkap Dandim.

Sementara itu, Komandan Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro usai meninjau langsung menerangkan, serbuan vaksinasi Korem dilaksanakan ditiga Kodim. Yakni di Kukar, Bontang dan Berau.

“Kita tentunya ingin membantu program pemerintah. Terutama melaksanakan arahan Pak Presiden. Dimana TNI bersama pemerintah diminta untuk melaksanakan arahan itu. Karena kita harus memaksimalkan vaksin yang harus segera diberikan kepada masyarakat,” ucap Cahyo.

Tapi ia mengakui, kegiatan ini masih jauh untuk mencukupi. “Saya menghimbau bagi masyarakat yang belum melaksanakan vaksin, untuk tetap menjaga kesehatan,” tegas Cahyo.

Terpisah, salah seorang warga Tenggarong bernama Nugrah Ayu mengaku sangat lega meski sedikit ada rasa was-was usai melaksanakan vaksinasi tahap dua. Hanya saja ia merasa kalau ini merupakan kewajibannya sebagai warga negara.

iduladha dprd kaltim

“Kalau banyak yang masih takut. Itu hak asasi. Tapi sebagai warga negara yang baik, kalau bisa vaksin agar pandemi ini cepat berlalu,” ungkapnya. (adv/mrf/boy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: