Kapal Penyuplai Air Tenggelam di Perairan Balikpapan, Seluruh Kru Selamat

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan mendapat informasi terkait tenggelamnya kapal penyuplai air di perairan Balikpapan, Sabtu (17/7/2021) sekitar pukul 23.45 Wita. Informasi tersebut disematkan oleh Menara Kepanduan Balikpapan, setelah mendapatkan laporan dari kapal yang berada di sekitar kejadian, kapal kargo MV Manalagi Asti.

“Kru kapal kargo MV Manalagi Asti rute Bahudopi menuju Balikpapan melihat kapal suplai air yang sedang berlabuh di dekatnya pada posisi S 1° 21′ 19” E 116° 57′ 40  belum diketahui jumlah person of boat (POB)-nya maupun kondisi korban,” ujar Kasi Ops Badan SAR Nasional (Basarnas) Kaltim, Octavianto pada Minggu (18/7/2021).

Tak butuh waktu lama, setelah mendapatkan informasi tersebut, Tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Balikpapan langsung mempersiapkan alat utama dan peralatan SAR.

Sekitar pukul 23.57 Wita, tim gabungan Basarnas Balikpapan bertolak menuju Last Know Position (LKP) atau titik terakhir diketahui dengan menggunakan kapal KN Sar Wisanggi, guna melakukan pencarian terhadap korban. Selama di lokasi, pihaknya terus berkoordinasi dengan kapal yang berada di sekitar LKP, guna mendapatkan informasi dan memberikan bantuan kepada para korban.

Dari informasi yang diterima, rupanya kapal tersebut mengangkut dua orang, dan korban sudah diselamatkan oleh speedboat yang posisinya dekat dengan lokasi kejadian tenggelamnya kapal tersebut.

“Menurut info dari kepaduan jam 02.05 Wita seluruh korban telah berhasil diselamatkan dan kita akan lakukan evakuasi ke daratan,” jelasnya.

pemprov iduladha

Lanjut Octavianto, kondisi kedua korban kapal tenggelam tersebut dipastikan selamat. Hanya saja belum diketahui identitasnya.

“Keduanya sudah sampai di rumahnya masing-masing. Untuk identitasnya korban masih kami telusuri ke agen kapalnya, nanti diinfokan kembali jika ada info terbarunya,” tutupnya. (Bom/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: