TMMD Rampung, Dandim Paser Ingatkan Pemkab Perhatikan Perawatan

Paser, nomorsatukaltim.com – Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke – 111 Kodim 0904/PSR sudah rampung. Meski telah usai, namun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) tak bisa lepas tangan begitu saja.

Karena masih ada pekerjaan rumah (PR) terkait pembukaan jalan yang dilakukan di Desa Kerang Dayo sepanjang 5,65 kilometer. Dikatakan Dandim 0904/PSR, Letkol Czi Widya Wijanarko, S.Sos, M.Tr (han), pemerintah daerah serta perangkat desa untuk bersama-sama terlibat melakukan perawatan.

“Ya mari bersama merawat objek yang dibangun ini agar bisa agar bisa tetap maksimal. Dengan menjaga tonase (muatan kendaraan melintas,” kata Widya, Jumat (16/7/2021).

Guna mengantisipasi dilintasi kendaraan over kapasitas, mengingat masih perlu peningkatan kualitas. Sementara waktu akan dipasang plang pembatas.

“Karena jalan itu, belum kuat dilalui kendaraan dengan tonase besar,” sambung Dandim.

Ia pun meminta kepada Pemkab Paser dapat memasukan usulan dan dianggarkan pada tahun berjalan nantinya. Karena masih pemeliharaan dan dilakukan peningkatan.

“Kedepannya bisa jalan itu diperkeras lagi, atau sampai dilakukan pengaspalan nantinya. Alhamdulillah berjalan sempurna. Ini berkat saling bersinergi, baik TNI-Polri, pemerintah daerah dan desa serta masyarakat yang saling bahu-membahu,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kerang Dayo, Abdul Duis menanggapi usulan positif dari Dandim. Karena mengarahkan untuk kualitas itu dipelihara dan bahkan bisa ditingkatkan.

“Alhamdulillah ada pembukaan jalan yang di lingkungan kami. Ini segera dibahas bersama, kemudian dimasukkan dalam usulan peningkatan kualitas seraya dibuat membuat proposalnya,” singkat Duis.

Diketahui, TMMD ke – 111 tahun anggaran 2021 yang diselenggarakan selama 30 hari merupakan operasi bakti TNI. Kegiatan itu dilaksanakan secara lintas sektoral. Selain kegiatan fisik, seperti pembukaan jalan, rumah tak laik huni, gorong-gorong, pugar masjid. Sedangkan non-fisik berupa kesehatan, buta Aksara, stunting, Posyandu dan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM), serta hukum dan pertanian. (asa)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: