Siap Hadapi PON XX Papua, Taekwondo Kaltim Fokus Bertarung

Samarinda, nomorsatukaltim.com– Cabang olahraga taekwondo Kaltim saat ini tengah menjalani Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) Sentralisasi. Secara kondisi fisik sudah sangat baik tinggal teknik bertarung yang mesti diperbaiki.

Pelatih Taekwondo Kaltim, Alfred Blegur mengatakan dirinya sudah mengarahkan atlet untuk tingkatkan teknik bertarung. Selain tetap genjot kualitas fisik untuk meningkatkan daya tahan, kekuatan dan kelincahan.

“Sudah masuk masa persiapan khusus. Fokus peningkatan teknik bertarung, soal daya tahan dan kekuatan juga diimbangkan,” kata Alfred, Selasa (13/7) kemarin.

Karena memang kondisi fisik atlet taekwondo sejauh ini sudah menunjukan grafik yang bagus. Kondisi tersebut jauh mengalami peningkatan dibanding kondisi fisik pada tahun sebelumnya, 2020 lalu. Apalagi ditambah dengan tryout yang digelar di Bali beberapa bulan terakhir. Membuat atlet termotivasi lagi dan lebih giat untuk latihan.

“Kalau untuk anak-anak sekarang sudah 80, hampir 90 persen kondisi riilnya. Meningkat 10 persen dari sebelumnya. Itu sudah termasuk teknik juga fisiknya,” katanya melanjutkan.

Diakui Alfred, anak asuhnya sedikit mengalami kendala selama ini. Dengan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat ruang pergerakan dirinya dan atletnya sedikit terhambat.

pemprov iduladha

“Kendala di Puslatda sejauh ini belum ada. Sedikit terganggu ruang gerak sih iya. Soal akomodasi dan transportasi anak-anak masih pakai motor pribadi. Ada antar-jemput tapi masih terbatas. Biasanya dari sini (KONI) ke Dojang, dari Dojang lalu ke hotel lagi,” pungkasnya.

Atlet taekwondo Kaltim kini berfokus melakukan latihan tehnik di Dojang Taekwondo Komplek Folder Air Hitam, sedangkan fisiknya melakukan di fitnes center KONI Kaltim, Jalan Kesuma Bangsa Samarinda. (frd/fdl)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: