ngopi

Akses Muara Beloan Masih Lumpuh, Perbaikan Jalan Terkendala Cuaca

Kubar, Nomorsatukaltim.com – Perayaan hari raya Iduladha tahun ini tinggal menghitung hari. Namun, akses jalan sepanjang sembilan kilometer di Kampung Muara Beloan, Kecamatan Muara Pahu, Kutai Barat (Kubar) belum juga dapat dilalui kendaraan.

Hujan yang hampir setiap hari mengguyur jalan satu-satunya milik kampung penghasil ikan terbesar di Kubar ini, menjadi kendala perbaikan.

“Kami sudah melakukan survei ke jalan yang rusak itu, beberapa hari lalu. Hasil inilah yang akan merekomendasikan untuk menurunkan alat berat, guna perbaikan jalan rusak tersebut. Tapi hingga kini masih ada kendala hujan,” ujar Yuli Widiastuti, Site Manager PT Teguh Sinar Abadi (TSA) kepada awak Disway Kaltim dan Nomorsatukaltim.com, Kamis (15/7/2021).

Yuli mengharapkan, selama beberapa hari ke depan cuaca dapat mendukung perbaikan jalan. Membutuhkan waktu sekitar empat atau lima hari cuaca panas, supaya jalan kering. Sebab, akan memudahkan pekerjaan alat berat. Karena jika kondisi pondasi badan jalan melunak atau becek akibat hujan, dipastikan perbaikan menggunakan alat berat semakin rusak.

Untuk diketahui, Kampung Muara Beloan berada di ring satu perusahaan tambang batu bara Bayan Grup, yakni PT TSA tersebut. Oleh sebab itu, pihak perusahaan berkomitmen membantu perbaikan jalan akses ke Kampung Muara Beloan.

Ditanggapi Kasi Pembangunan Kampung Muara Beloan Heri Sandi, agar pihak perusahaan tak mesti menunggu waktu lama untuk memperbaiki jalan.

“Jangan sampai nunggu lima hari, kelamaan sekali. Lebih baik memperbaiki sebagian titik rusak berat jalan, dengan menguruk galian C berupa sertu atau batu koral,” papar Sandi.

“Saya kira bisa saja PT TSA mulai besok (Jumat, Red.) memperbaiki jalan. Dikhawatirkan jika menunggu cuaca panas, maka perbaikan jalan tidak akan bisa dilakukan. Sementara warga sangat mendesak agar jalan bisa dengan mudah dilintasi sebelum Iduladha,” ungkapnya mewakili harapan warga.

Perbaikan jalan oleh kabupaten juga telah dipersiapkan dan siap dikerjakan 2021 ini, namun masih menunggu proses lelang.

“Memang sudah mau lelang pekerjaan peningkatan jalan di Kampung Muara Beloan. Direncanakan minggu ini dibuka lelangnya,” kata sumber internal di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kubar, kepada media ini.

Lelang peningkatan jalan ini, diperkirakan Rp 4 miliar. Dikonfirmasi sebelumnya, Kepala Dinas PUPR Kubar Philip membenarkan, pihaknya akan segera melakukan lelang peningkatan jalan di Kampung Muara Beloan. Diharapkan dalam pekerjaan peningkatan jalan ini bisa memudahkan akses dari dan ke Kampung Muara Beloan.

“Karena saya juga sering ke sana (Muara Beloan) mencari ikan,” kata mantan Kepala Bina Marga DPUPR Kubar. (luk/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply