Nakes di Kukar Bakal Terima Vaksin COVID-19 Dosis Ketiga

Kukar, nomorsatukaltim.com – Ribuan tenaga kesehatan (nakes) di Kukar bakal kembali mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 untuk dosis ketiga. Ini sebagai upaya meningkatkan kekebalan maksimal bagi nakes yang memang berada terdepan, menangani pasien COVID-19.

Hal itupun dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kukar, Martina Yulianti. Pemberian vaksinasi dosis ketiga untuk seluruh nakes di Kukar, menunggu alokasi dari pemerintah pusat. Untuk dibagi ke seluruh nakes di Indonesia, termasuk nakes di Kukar.

Namun yang berbeda, vaksin yang disuntikkan bukan lagi jenis CoronaVac dari Sinovac. Namun vaksin buatan Amerika Serikat, jenis Moderna yang datang belum lama ini ke Indonesia sejumlah 3 juta dosis. Meskipun tidak menutup kemungkinan juga untuk vaksinasi masyarakat umum. Masing-masing untuk dosis pertama dan kedua.

“Kita tunggu saja alokasi vaksinnya, disuntik satu dosis saja, vaksinnya Moderna untuk nakes,” ujar Martina dihubungi Disway Kaltim dan nomorsatukaltim.com, Rabu (14/7/2021).

Hal ini pun dijelaskan Martina sudah melalui pertimbangan khusus. Bahkan melewati uji klinis. Upaya ini dilakukan pemerintah agar menjadi booster nakes dalam menghadapi lonjakan gelombang kedua penyebaran COVID-19 di Kukar.

Terlebih, saat ini kondisi nakes yang ada di Kukar sebagian tertular COVID-19. Sehingga membuat jumlah pasukan nakes milik Kukar berkurang, di tengah lonjakan kasus yang terus meningkat tajam. Sehingga cukup berpengaruh dalam penanganan kasus COVID-19 di Kukar.

Praktis, dengan tertularnya para nakes. Martina menyebut harus mengistirahatkan sementara nakes-nakesnya. Karena apabila dipaksakan, malah berakibat fatal dan menularkannya kepada pasien non COVID-19. Hingga menambah jumlah kasus COVID-19 di Kukar.

“Ya harus diistirahatkan, namun dipastikan lebih banyak yang sehat,” pungkas Martina.

Diketahui, jumlah 3 juta vaksin COVID-19 jenis Moderna bukan jumlah yang final. Total Indonesia bakal menerima “sumbangan” vaksin dari Amerika Serikat sebanyak 4 juta lebih vaksin. Namun secara bertahap. Ini diharapkan bisa mempercepat langkah pemerintah Indonesia dalam proses menciptakan kekebalan komunal di Indonesia.

Diketahui, saat ini kasus COVID-19 di Kukar terus melonjak tajam dalam beberapa pekan terakhir. Teranyar pada tanggal 13 Juli 2021, jumlah penambahan kasus aktif di Kukar mencapai 248 kasus positif. Merupakan rekor baru penambahan di Kukar. Termasuk di dalamnya ada nakes. Sehingga saat ini kasus yang dirawat di Kukar mencapai 1.695 pasien. (mrf/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: