Pemkab Mahulu Harap Kerjasama Dengan Kodim 0912/KBR Meningkat

Lepas Sambut Dandim 0912 Bersama Forkopimda Mahulu dan Kubar

Kubar, nomorsatukaltim.com – Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0912 Kabupaten Kutai Barat (Kubar) telah berganti. Dari Letkol Inf Anang Sofyan Effendi kepada Letkol Kav Yudhi Prasetyo Purnomo.

Serah Terima Jabatan (Sertijab) Dandim 0912/Kbr dilakukan di Makorem 091/ASN Jalan Gajah Mada Nomor 11, Kota Samarinda, Jumat (9/7/2021). Sertijab itu dipimpin langsung oleh Komandan Korem 091/ASN, Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro.

Setelah sertijab di Kota Samarinda, dilakukan acara Lepas Sambut Dandim 0912 Kubar bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kubar dan Mahakam Ulu (Mahulu) di Auditorium Aji Tulur Jejangkat (ATJ), Kantor Bupati Kubar, Sendawar, Senin (12/7/2021).

Bupati Mahulu, Bonifasius Belawan Geh SH MH, diwakili Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Humas Setkab Mahulu, Ir H Dodit Agus Riyono MP, mengatakan bahwa Pemkab Mahulu sangat mengapresiasi kerjasama dan kinerja Kodim 0912/Kbr dengan Pemkab Mahulu sejak 2018 lalu.

WhatsApp Image 2021 07 14 at 18.09.35 1

“Apresiasi dan ucapan terima kasih tiada terhingga kepada Kodim 0912/Kubar. Dandim lama Pak Anang Sofyan Effendi telah membuat kerjasama yang sangat bagus dengan Pemkab Mahulu selama ini dalam membangun Mahulu,” urai Asisten I kepada wartawan, usai acara Lepas Sambut.

Menurut Dodit, Letkol Inf Anang Sofyan Effendi aktif dalam kerjasama dengan Pemkab Mahulu untuk bersama membangun 5 kecamatan se-Mahulu yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, Malaysia Timur.

“Sangat aktif, terutama dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) bersama Pemkab Mahulu. Karena memang Kabupaten Mahulu selalu mengalokasikan anggaran untuk TMMD setiap tahun,” beber Asisten I.

Dia menyebut, selain kegiatan TMMD, keterlibatan Kodim 091/Kubar terasa sekali bersama Pemkab Mahulu membangun daerah itu. Termasuk kata dia, kehadiran TNI melalui Satgas Pamtas RI-Malaysia hingga saat ini di Mahulu.

WhatsApp Image 2021 07 14 at 18.09.35 e1626258307934

“Pemkab Mahulu berharap, dengan Dandim 0912 Kubar yang baru, Letkol Kav Yudhi Prasetyo Purnomo semakin meningkatkan kerjasama,” tukas Dodit Agus Riyono.

Disamping itu menurut Asisten I, Pemkab Mahulu berharap, agar Kodim 0912 Kubar bisa segera mengusulkan untuk berdiri Koramil di Kecamatan Long Hubung. Karena selama ini Long Hubung masih tercakup dalam Koramil Long Iram, Kubar.

“Kami (Pemkab Mahulu), ingin ada Koramil Long Hubung. Hal itu untuk menjaga dan menguatkan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Dandim 0912/Kbr yang lama, Letkol Inf Anang Sofyan Effendi mengungkapkan ucapan terima kasih kepada Pemkab Kubar dan Mahulu, atas kerjasama dalam menjaga wilayah teritorial dan membangun dua daerah itu bersama Kodim 0912 Kubar.

“Saya menjabat sebagai Dandim 0912 Kubar sejak Desember 2018 hingga Juli 2021. Semoga kerjasama dalam pembangunan dua kabupaten bisa terus terjaga bersama Kodim 0912 Kubar. Termasuk dengan Polres Kubar, seluruh instansi, dan masyarakat dua kabupaten,” ungkapnya.

Dia menegaskan, meski kini Dandim Kubar berganti, dan dipegang oleh pejabat baru yakni Letkol Kav Yudhi Prasetyo Purnomo, namun diharapkan kerjasama Kodim 0912 Kubar bersama Forkopimda Kubar dan Mahulu terus kuat.

“Sehingga pembangunan Kabupaten Kubar dan Mahulu akan semakin solid dan mantap bersama masyarakat,” pungkas Anang Sofyan Effendi.

Untuk diketahui, Letkol Kav Yudhi Prasetyo Purnomo sebelum menjabat sebagai Dandim 0912 Kubar, merupakan Komandan Bataliyon Kavaleri (Danyonkav) 1 Kostrad.

“Saya mohon bimbingan, pemikiran serta saran dari semua pihak. Terutama dari pemkab, FKPD, para tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh agama,” bebernya.

Hadir pula dalam acara itu Bupati Kubar FX Yapan SH MH, Wakil Bupati Kubar H Edyanto Arkan SE, sejumlah pejabat teras dilingkup Pemkab Kubar, Pemkab Mahulu. Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh diwakili oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Humas Setkab Mahulu Dodit Agus Riyono, Ketua DPRD Kubar Ridwai, Kapolres Kubar diwakili Wakapolres Kompol I Nyoman Wijana S.Ag, Kajari Kubar, Kepala Adat Besar Kabupaten Kubar Manar Dimansyah Gamas, Ketua DPD KNPI Kubar Canissius Arjan, seluruh personel dan pejabat teras dilingkup Kodim 0912 Kubar, serta hadirin undangan. Acara tersebut dilakukan dengan pengetatan protokol kesehatan 3 M. (adv/imy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: