Warga Rantau Panjang Paser Minta Air Bersih

PASER, nomorsatukaltim.com – Berbagai kebutuhan dasar masih dinantikan sebagian masyarakat di Kabupaten Paser. Di antaranya ketersediaan air bersih, fasilitas umum berupa jalan, hingga jaringan internet.

Salah satunya Desa Rantau Panjang, Kecamatan Tanah Grogot, kebutuhan dasar belum sepenuhnya dirasakan warga.

“Prioritas utama itu air bersih, sampai sekarang belum masuk air bersih,” kata Sekretaris Desa Rantau Panjang, Muhammad Yunus, Minggu (11/7/2021).

Demi mencukupi kebutuhan air bersih sehari-hari, warga kerap membeli air tandon, atau mengandalkan sumur, hujan, hingga sungai.

“Di Rantau Panjang ada 350 KK (kepala keluarga) dengan 1.300-an jiwa dari tujuh RT. Semuanya (warga) tidak teraliri air bersih. Ya, biasa beli tandon untuk seribu liter sebesar Rp 100 ribu. Itu cukup tiga sampai empat hari,” jelasnya.

Namun yang menjadi kendala jika musim kemarau. Di mana air sungai berasa asin, sumur pun terasa pekat. Tentunya tidak dapat dimanfaatkan oleh warga. Sehingga membeli air bersih jadi solusi sementara.

“Ya karena di Desa Rantau Panjang (kontur tanah) rawa. Jadi beli air tandon untuk MCK (mandi, cuci dan kakus),” ungkap Yunus.

Sebagai catatan, jarak dari pusat pemerintahan Kabupaten Paser dengan Desa Rantau Panjang sekira enam sampai tujuh kilometer. Namun bukan hanya persoalan air bersih, fasilitas jaringan internet pun belum dirasakan, sebagian masih blank spot.

“Kalau kualitas jalan lumayanlah, meskipun belum bisa dibilang bagus,” akunya.

Terkait langkah yang dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Rantau Panjang, Yunus menuturkan harapan dari warga. Usulan selalu disampaikan dan dimasukkan ke Musyawarah Desa (Musdes), berlanjut Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan hingga di tingkat kabupaten.

“Namun tentu saja kembali melihat kebijakan anggaran. Untuk kebutuhan dasar itu, setiap tahun diusulkan. Bahkan proposal pun sudah disampaikan ke dinas terkait untuk diperhatikan. Semoga ada tindak lanjut dari pemerintah daerah,” pungkasnya. (asa/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: