Tinjau TMMD Kodim 0904 Paser, Pangdam: Kegiatan Non-Fisik Berperan Jaga Kedaulatan Negara

Paser, nomorsatukaltim.com – Jelang dua hari pelaksanaan rampung, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto meninjau lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Kodim 0904/PSR. Yakni di Desa Kerang Dayo, Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser, Senin (12/7/2021).

Menurut orang nomor satu di Kodam VI/Mlw itu, kedatangannya untuk melihat dan memastikan langsung progres pelaksanaan TMMD di Desa Kerang Dayo. Di antaranya pembukaan jalur jalan, pemasangan gorong-gorong hingga hasil bedah rumah.

“Dari peninjauan sejauh ini, sasaran fisik dan non fisik secara umum dapat diselesaikan dengan baik,” kata Heri Wiranto.

Khusus pembukaan jalur jalan yang dilakukan, ia bilang over prestasi, karena di luar dari target. Mengingat hanya menargetkan sepanjang 3,95 kilometer dengan lebar 6 meter. Namun seiring berjalan pengerjaan ada permintaan dari warga untuk ditambah dengan panjang 1,7 kilometer.

“Dengan adanya penambahan juga sudah hampir selesai. Ini 100 persen over prestasi. Begitupun dengan gorong-gorong yang sebelumnya hanya empat titik, namun setelah dijalankan ada 19 titik,” ungkapnya.

Ditegaskannya, nilai TMMD bukan hanya sasaran fisik. Namun yang terpenting membangun sasaran non-fisik. Di mana terjalin sinergitas yang erat.

“Sasaran fisik itu bisa dikerjakan oleh proyek. Tapi kalau non-fisik itu, membangun komunikasi, membangun kemanunggalan TNI antara rakyat dan seluruh komponen (lapisan masyarakat) lainnya untuk menjaga kedaulatan negara,” pungkas Heri.

Beberapa kegiatan non-fisik yang dilaksanakan, yakni penyuluhan wawasan kebangsaan dan pengentasan buta aksara, serta sunatan massal.

Usai meninjau lokasi TMMD ke-111 di Desa Kerang Dayo, Heri didampingi Dandim 0904/PSR, Letkol Czi Widya Wijanarko, S.Sos, M.Tr (han) melakukan anjangsana ke Bupati Paser dr Fahmi Fadli dan Wakil Bupati Syarifah Masitah Assegaf, Kapolres Paser AKBP Eko Susanto SIK, serta unsur forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda). (asa/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: