Antisipasi Lonjakan Pasien Positif COVID-19, RSUD AM Parikesit Pasang Tenda Darurat

Kukar, nomorsatukaltim.com – Jumlah kasus COVID-19 di Kukar terus membengkak. Lebih-lebih kasus yang memang bergejala dan membutuhkan perawatan intensif di RSUD AM Parikesit. Ditambah kondisi ruang perawatan COVID-19 dan ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) khusus COVID-19 sudah penuh dan mengular hingga halaman.

Gerak cepat dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Diskes) Kukar dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kukar. Dengan menambah ruang perawatan sementara, di antaranya penambahan velbed dan mendirikan tenda. Untuk menambah kapasitas perawatan di IGD khusus COVID-19.

“Ini antisipasi saja, mudahan jangan sampai digunakan,” terang Kepala Diskes Kukar, Martina Yulianti, Senin (12/7/2021).

Total sekitar 20 velbed dan satu unit tenda darurat yang disiapkan. Terletak tidak jauh dari IGD khusus COVID-19 di RSUD AM Parikesit Kukar.

Tidak hanya velbed dan tenda. Kursi roda dan alat penunjang lainnya yang disiapkan di RSUD AM Parikesit Kukar. Namun Martina pun mengharapkan jangan sampai fasilitas tersebut termanfaatkan, dan jumlah penambahan kasus COVID-19 di Kukar tidak terus melambung tinggi. Syukur-syukur melandai dalam waktu dekat.

Martina pun terus mengingatkan dan dengan tegas meminta masyarakat mematuhi Prokes ala COVID-19. Melihat kasus positif yang terus bertambah tiap harinya. Dia pun mewanti-wanti jangan sampai fasilitas kesehatan di Kukar semakin dipenuhi pasien COVID-19. Sehingga mengurangi kapasitas perawatan pasien non COVID-19.

“Terisi tidaknya tenda-tenda ini nanti akan sangat tergantung dari kesadaran dan peran kita semua untuk protokol kesehatan,” pungkas Martina. (mrf/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: