Siagakan 320 Personel, Polresta Balikpapan Kawal PPKM Darurat

BALIKPAPAN, nomorsatukaltim.com – Polresta Balikpapan menggelar apel pasukan dalam rangka menjalankan amanat Surat Edaran (SE) Wali Kota Balikpapan mengenai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Senin (12/7/2021). Polresta Balikpapan akan diperbantukan dalam penempatan personel maupun bantuan.

Untuk penempatan atau plotting-nya sendiri di titik-titik yang ditetapkan dalam SE Wali Kota.

“Kita akan plotting dan perbantukan di titik-titik sekat, baik di luar kota maupun di dalam kota,” ujar Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol Turmudi usai apel pasukan.

Penempatan luar kota, sambung Turmudi, demi mengantisipasi masyarakat yang masuk ke Balikpapan tanpa memenuhi persyaratan yang diwajibkan. Seperti keterangan vaksin dan hasil tes polymerase chain reaction (PCR) atau rapid antigen.

Disinggung angka, Turmudi menyebutkan jumlah personel yang turun sedikitnya 2/3 kekuatan Polresta Balikpapan. Atau kurang lebihnya 320 personel.

“Dari Polresta Balikpapan, 2/3 kekuatan kita libatkan. Baik di penyekatan maupun di tempat-tempat yang di patroli. Ya kurang lebih 320 personel,” jelas Turmudi.

Namun untuk patroli, lanjut Turmudi, kekuatan personel hanya sebagai backup. Sebab dalam patroli, pihaknya mengedepankan fungsi Satpol PP.

“Karena patroli ini fungsinya yang pertama sosialisasi, untuk menyebarkan Surat Edaran Pak Wali Kota,” tutup Turmudi. (Bom/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: