Pos Perbatasan Aktif, Warga Masih Bebas Masuk Kubar

Kubar, nomorsatukaltim.com – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di Kota Beradat, mulai ada pergerakan. Selain pembatasan jam malam, posko di perbatasan antara Kutai Barat (Kubar) dan Kutai Kartanegara (Kukar), mulai diaktifkan kembali sebagai tindak lanjut instruksi Bupati Kutai Barat Nomor 58 tahun 2021, tentang Optimalisasi PPKM Mikro di Tingkat Kecamatan dan Kampung.

Dengan posko perbatasan kembali aktif, tak sedikit warga mempertanyakan soal penyekatannya. Sebab, daerah lain di Kaltim sudah menerapkan penindakan secara ketat masuk untuk masuk wilayah. Bagaimana dengan Kubar?

“Untuk posko COVID-19 sudah didirikan, dan juga telah mensosialisasi protokol kesehatan kepada setiap warga. Dengan adanya instruksi ini, maka kegiatan tersebut akan semakin kami tingkatkan lagi,” jawab Petinggi Kampung Jambuk Makmur Yandi.

Yandi turut bercerita soal keberadaan posko yang telah lama dulu berdiri di kampungnya itu.

“Sebenarnya sudah sejak lama didirikan sesuai dengan pagu anggaran Dana Desa (DD). Yang mana di dalam DD tersebut memang dialokasikan 8 persen untuk pencegahan dan penanganan COVID-19 di setiap kampung,” ujarnya.

Informasi yang berhasil dihimpun media ini, langkah tegas pemkab kembali mengaktifkan posko di perbatasan, nampak sebatas statement tegas. Situasi akses tampak normal, kendaraan leluasa lalu lalang. Namun bedanya hanya ada petugasnya saja yang berjaga, tapi lalu lintas masuknya tak ada perubahan.

pemprov iduladha

Bahkan, dalam keterangan petinggi Yandi tadi, keterbatasan anggaran menjadi latar belakang penanganan COVID-19 belum merata.

“sudah dari beberapa bulan lalu, dan akan kami tingkatkan lagi, terkait pemeriksaan swab antigen secara acak kepada pelaku perjalanan lintas kabupaten, Kampung Jambuk Makmur belum bisa melakukannya karena keterbatasan anggaran,” jelasnya.

“Terkait program vaksinasi, aparat kampung pun siap mendukung penuh, apalagi warga sangat antusias menunggu untuk divaksin. Warga kampung memang sangat mengharapkan dapat segera terlaksana,” timpalnya. (luk/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: