Kecamatan Marangkayu Diupayakan Untuk Menjadi Kawasan Industri

Kukar, nomorsatukaltim.com – Salah satu anggota DPRD Kutai Kartanegara (Kukar), Ahmad Yani mengatakan jika Kecamatan Marangkayu direncanakan menjadi salah satu kawasan industri di Kukar. Terlebih Kecamatan Marangkayu dianggap sangat strategis untuk dikembangkan dalam segala jenis industri.

Dengan pertimbangan itulah, ia yang juga menjadi Ketua Tim Panitia Khusus (Pansus) RTRW, menganggap harus masukan rencana tersebut dalam Peraturan Daerah (Perda) RTRW yang berlaku untuk 20 tahun mendatang. Rencananya, bisa bersandingan dengan Kota Bontang yang memang berbatasan langsung dengan Kecamatan Marangkayu.

“Maunya kita itu bersandingan, kita akan buat industri yang berbatasan dengan Kota Bontang supaya kepentingannya sama. Industri Kukar untuk kebutuhan Bontang begitupun pula dengan Industri Bontang Kebutuhan Kukar,” kata Ahmad Yani belum lama ini.

Namun ia menyebut, untuk menciptakan itu. Jangan sampai antara satu daerah dengan daerah lainnya memiliki jenis industri yang sama. Sehingga timbul saling membutuhkan. Karena industri yang diciptakan sama maka itu percuma saja. Sebab penetapannya supaya antar industri saling membutuhkan satu sama lain sehingga pemenuhan kebutuhan merata.

Selain itu, ada beberapa daerah yang akan ditetapkan sebagai pengembangan industri seperti di Kecamatan Muara Badak, Samboja maupun Sangasanga.

“Kita minta ada industri yang memang dapat membantu perekonomian di Kukar,” tambahnya lagi.

Politisi Partai PDIP itupun menambahkan, setelah kawasan industri ditetapkan, maka tugas berat akan jadi bagian kepala daerah. Dengan maksud pemerintah daerah mampu atau tidak merealisasikannya. Bisa terbangun atau tidak. Karena tugas DPRD Kukar hanya meletakkan pondasi sebagai acuan bahwa kecamatan ini bisa dibuat kawasan industri. Jadi pemerintah pusat sampai daerah bisa mengunakan acuan tersebut.

“Tetapi kalau bisa dari Kabupaten karena yang kita pikirkan kedepan inikan Kukar,” tutupnya. (ADV/mrf)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: