Diskes Perlu Tambahan Dosis Vaksin

Kutim, nomorsatukaltim.com – Animo masyarakat untuk divaksin COVID-19 di Kutai Timur (Kutim) kini meningkat drastis. Justru kini Dinas Kesehatan (Diskes) Kutim perlu tambahan dosis vaksin untuk bisa memenuhi permintaan masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kutim, dr Bahrani Hasanal mengatakan, melonjaknya antusiasme masyarakat terhadap vaksin membuat ratusan penerima vaksin tahap dua menjadi terlewatkan. Harusnya pada 5 Juli 2021 lalu, pihaknya memvaksinasi sekitar 850 orang untuk menerima vaksin tahap kedua. “Oleh karena itu kami perlu tambahan dosis vaksin lagi,” ujar Bahrani.

Seluruh peserta vaksinasi tersebut tercatat dalam sistem, sehingga pihak Diskes bisa mengetahui siapa dan berapa jumlah warga yang belum menjalankan vaksinasi kedua. Sementara di sisi lain ada pula desakan dari warga yang baru melakukan vaksinasi. “Sehingga harus bersaing dengan masyarakat yang baru pertama vaksinasi yang digelar sepekan terakhir,” tuturnya.

Maka itu, Bahrani Hasanal memastikan bahwa di vaksinasi yang akan datang pihaknya memprioritaskan bagi penerima dosis kedua.
“Kabarnya akan datang 700 dosis lagi, nanti itu kami berusaha siapkan untuk yang jatuh tempo vaksin ke duanya,” imbuhnya.

Sementara kekurangan 150 dosis lainnya untuk menutupi kebutuhan vaksin COVID-19 kedua yang dibutuhkan oleh penerima akan coba dicarikan.
“Kalau yang ramai sekitar 9.000 dosis kemarin itu kan masih lama. Jatuh temponya masih tiga minggu lagi. Jadi kita prioritaskan yang 850 ini dulu,” urainya.

Melihat antusiasme masyarakat yang mulai meningkat, Bahrani Hasanal berharap ke depannya distribusi vaksinasi COVID-19 bisa semakin lancar agar semakin banyak masyarakat Kutim yang bisa divaksin.
“Banyak masyarakat minta vaksin. Tapi vaksinnya yang nggak ada, belum datang. Bukan kitanya yang nggak mau vaksinkan,” tandasnya. (adv/bct)

pemprov iduladha
kominfo kutim
Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: