Salehuddin Harap Tahun Ajaran 2022, ISBI Kaltim Kembali Terima Mahasiswa Baru

SAMARINDA, nomorsatukaltim.com – Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait keberlanjutan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Kaltim yang sebelumnya tidak lagi membuka penerimaan mahasiswa baru sejak tahun 2019, di gedung E Lantai 1, belum lama ini.

Sekretaris Komisi IV DPRD Kaltim, Salehuddin menjelaskan, alasan ISBI Kaltim tidak menerima mahasiswa baru karena Pemprov Kaltim belum mendapatkan legalitas dari Kementrian Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemenristekdikti).

“Sayang sebenarnya. Ternyata selama ini ada informasi yang tidak selaras. Karena ini jadi kewenangan pusat, dan berharap bahwa ISBI di bawah tanggung jawab Kemenristekdikti. Tapi belum bisa karena ada persyaratan yang belum di penuhi,” kata Legislator Karang Paci Asal Dapil Kukar ini, saat ditemui Media Disway dan nomorsatukaltim.com usai RDP.

Lanjutnya, Politisi dari Fraksi Golkar ini memaparkan, hingga sekarang ISBI Kaltim masih berada dibawah asuhan Institute Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, dan status Program Studi (Prodi) ISBI Kaltim pun berada dibawah ISI Yogyakarta.

Saleh juga mengatakan, pihaknya memberikan waktu 6 bulan kepada Pemprov Kaltim untuk memperbaiki permasalahan yang ada. Seperti Memorandum of Understanding (MoU) antara Kemenristekdikti, ISI, dan Pemprov Kaltim.

“Harapan kami tahun ajaran 2022/2023 ISBI Kaltim kembali menerima mahasiswa baru,” tutup Salehuddin.

Berdasarkan hasil RDP, Komisi IV DPRD Kaltim dan Pemprov Kaltim, bersepakat agar ISBI Kaltim dapat kembali berjalan. Saleh pun sangat menyayangkan jika ISBI kaltim tidak dilanjutkan.

pemprov iduladha

Sebelumnya diketahui, bahwa ISBI Kaltim tidak menerima mahasiswa baru tahun 2019/2020 setelah Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti Kemenristekdikti bersurat ke Pemprov Kaltim pada 2019. Memberitahukan bahwa tahun 2020 tidak disediakan lagi anggaran untuk pembiayaan Prodi Diluar Domisili (PDD) Rintisan ISI, yakni ISBI Kaltim.(Adv/top)

dprd kaltim
Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: