Satgas COVID-19 Kukar Lirik Hotel Jadi Tempat Isolasi Tambahan

Kukar, nomorsatukaltim.com – Satgas COVID-19 Kukar mulai siapkan alternatif, jika kapasitas isolasi pasien COVID-19 terus membengkak di Kukar. Mereka bakal kembali mengaktifkan hotel dan fasilitas daerah lainnya, untuk menampung pasien yang membludak.

Di antaranya dengan menambah kapasitas ruang inap di Wisma Atlet Kukar di Tenggarong Seberang. Memperbaiki kamar-kamar yang mengalami kerusakan. Agar fungsi wisma atlet semakin maksimal.

Selain itu, Satgas turut memertimbangkan penggunaan fasilitas Gedung Putri Karang Melenu (PKM) yang berada di Tenggarong Seberang. Nantinya gedung bertingkat tersebut diproyeksikan untuk tempat isolasi bagi pasien COVID-19 tanpa gejala. Pasien yang dalam keadaan sehat, hanya saja ada virus corona di dalam tubuhnya.

Kemudian, kembali memanfaatkan hotel-hotel yang ada di Tenggarong. Seperti yang dilakukan pada awal-awal kasus COVID-19 Kukar timbul. Di antaranya Hotel Grand Elty Singgasana, Elty Smart Lesong Batu. Hotel-hotel disebutkan oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar, Sunggono, untuk menampung karyawan-karyawan perusahaan yang beroperasi di Kukar.

Untuk isolasi di hotel, dijelaskan Sunggono akan diarahkan untuk dibiayai sendiri oleh perusahaan yang bersangkutan. Tetapi obat-obatan segala macam, tetap ditanggung oleh pemerintah.

Nantinya seluruh karyawan yang dinyatakan positif akan diisolasi di hotel, termasuk karyawan yang baru datang dari luar daerah. Diakui, Sunggono sudah mengomunikasikannya, namun akan ditegaskan kembali ke seluruh perusahaan.

pemprov iduladha

Di samping memastikan perusahaan, apakah memiliki basecamp atau mes yang tidak terpakai, untuk dioptimalkan sebagai tempat isolasi.

“Ada rencana beberapa alternatif kami jajaki di Satgas. Hari ini tim akan cek ke lapangan (basecamp),” ujar Sunggono pada Disway Kaltim dan nomorsatukaltim.com, Rabu (7/7/2021).

Sunggono pun memastikan, akan segera mengambil langkah-langkah tersebut jika lonjakan kasus terus meningkat. Sesuai arahan kepala daerah, yang meminta tim Satgas untuk segera memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang dijelaskannya tadi.

Namun tetap memastikan fasilitas-fasilitas publik maupun milik daerah tersebut, memenuhi standar yang ditetapkan sebagai tempat isolasi bagi pasien COVID-19. Di antaranya memenuhi standar yang ditetapkan oleh Dinas Kesehatan (Diskes) Kukar dan Satgas COVID-19 Kukar.

Diketahui, kondisi kasus COVID-19 di Kukar dalam beberapa hari terakhir terus melonjak. Hingga 6 Juli 2021, jumlah kasus aktif di Kukar mencapai 687 pasien. Serta kapasitas RSUD AM Parikesit Kukar yang melebihi daya tampung. Dari 211 kapasitas tempat tidur, sudah terisi hingga 232, atau minus 21 tempat tidur. (mrf/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: