Dishub Paser Razia Kendaraan ODOL, Truk Pengangkut Sawit Mendominasi

PASER, nomorsatukaltim.com РOperasi over dimension over loading (ODOL) dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Paser bersama personel Satlantas Polres Paser. Menyasar kendaraan yang dipastikan melebihi batas muatan sumbu terberat (MST).  Seperti yang dilakukan di Jalan Gadjah Mada tepat di depan kantor DPRD Paser, Selasa (6/7/2021).

Razia yang digelar selama dua jam itu, yakni mulai pukul 05.00 hingga 08.00 Wita, berhasil menjaring belasan kendaraan yang didominasi pengangkutan kelapa sawit.

“Truk muatan (kelapa) sawit sebanyak 11 unit, truk muatan kernel dan trailer pengangkut alat berat (ekskavator) masing-masing satu unit,” kata Kepala Dishub Kabupaten Paser, Inayatullah.

Alhasil, pengemudi diberikan sanksi berupa denda administratif sesuai jenis pelanggarannya. Namun lebih dulu mengikuti jadwal sidang di Pengadilan Negeri Tanah Grogot.

“Denda yang dikenakan itu menjadi PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak), masuk ke kas negara, bukan menjadi retribusi yang masuk ke kas Pemkab,” sebutnya.

Meski terdapat personel Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) . Namun dalam penertiban harus ada Satlantas Polres Paser yang dilibatkan. Hal itu terkait koordinasi atau didampingi pihak kepolisian dalam kegiatan ODOL di jalan umum.

Ditegaskannya, operasi ODOL bakal terus dilaksanakan, jikalau masih banyak kendaraan tak mengindahkan MST. Lokasinya pun tak hanya fokus pada satu titik saja.

“Kegiatan razia bakal rutin dilaksanakan, tapi tentatif, dibuat secara teratur. Hal itu untuk meminimalisir potensi kebocoran informasi,” tandasnya. (asa/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: