Disdik Jaring Bakat Siswa Kutim

Kutim, nomorsatukaltim.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kutai Timur (Kutim) melalui Plt Kabid Ilham, coba menjaring bakat siswa. Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jadi ajang seleksinya. Acara itu digelar du Hotel MS, Sangatta Utara. Senin, (6/7/2021) pagi.

Ilham menjelaskan, acara tersebut dilakukan secara daring. Peserta berkompetisi melalui video yang langsung direkam oleh pihak panitia.
“Hari ini kami sedang melaksanakan FLS2N untuk tingkat Kabupaten. Karena masih meningkatnya kasus COVID-19, maka seleksinya diadakan secara daring,” ucapnya.

Perlombaan itu sendiri diikuti oleh seluruh siswa SMP yang ada di Kutim. Mulai kategori gitar duet, desain poster, menyanyi solo hingga kreativitas tari dan musik tradisional semua dipertandingkan.

Sayangnya penjurian hanya untuk 4 lomba saja. Lantaran ada satu kategori tidak ada pesertanya, yaitu musik tradisional. Ia pun menyayangkan kondisi tersebut, mengingat sangat banyak musik tradisional yang bisa digarap para siswa. “Nah, ini yang sangat kita sayangkan, kenapa tidak ada peserta untuk musik tradisional. Kita berharap nanti, pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutim ada inovasi dan terobosan, minimal setiap lomba ada peserta masing-masing sekolah,” paparnya.

Ilham berharap, semua stakeholder yang terkait dengan kegiatan ini bisa terus berkontribusi. Agar, setiap tahun bisa menyumbang piala untuk Kabupaten Kutai Timur.
“Kami berharap, stakeholder yang terkait dengan kegiatan FLS2N seperti Dinas Kebudayaan, Pariwisata khususnya Dinas Pendidikan bisa melakukan langkah-langkah strategis. Sehingga, lomba-lomba yang masih minim peserta ini, kedepan bisa digenjot lagi supaya ada pesertanya,” pungkasnya. (adv/bct)

kominfo kutim
Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: