Besok Balikpapan PPKM Darurat, Salat Jumat Ganti Dulu dengan Zuhur

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Kota Beriman resmi masuk kategori daerah yang menerapkan PPKM Darurat. Hal itu disampaikan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud.

“Kami sudah menerima surat dari pemerintah pusat bahwa Balikpapan masuk dalam PPKM Darurat,” ujarnya ditemui di Pemkot Balikpapan, Rabu (7/7/2021).

Ia menyebut satgas telah membahas sejumlah langkah yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Namun sebelum itu, Pemkot akan berkoordinasi dengan segenap stakeholder yang terlibat dalam memutuskan hal tersebut. Seperti Forkopimda, FKUB, MUI dan beberapa pihak lain.

Langkah-langkah yang akan diambil disesuaikan arahan dan petunjuk dari pemerintah pusat. Salah satunya pengetatan pada sentra bisnis. Dalah hal ini mal. Yang diwajibkan menghentikan segala aktivitasnya sampai pukul 17.00 Wita. Usaha kuliner pun demikian. Tempat ibadah apalagi. Bahkan meniadakan sementara salat Jumat berjamaah selama dua pekan ke depan.

“Bukan dilarang salat Jumat, kan bisa diganti dengan salat Zuhur, karena ini kan kondisi darurat,” tukasnya.

Kebijakan itulah yang paling berat. Lantaran umat muslim bakal merasakan dampak yang sangat dahsyat. Namun Rahmad menyebut kebijakan ini akan dikawal oleh fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI).  Kebijakan pengetatan juga berpengaruh terhadap rencana jadwal penerapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Yang direncanakan 12 Juli mendatang. Otomatis ditunda. Pembelajaran kembali dilakukan secara daring.

Selain itu, satgas juga sudah merencanakan melakukan penyekatan jalan-jalan utama. Untuk meminimalisasi mobilitas masyarakat selama PPKM Darurat. Itu juga instruksi dari pemerintah pusat. Kemungkinan pukul 17.00 Wita sudah disekat. Karena saat itulah itulah kondisi biasanya ramai.

Menurutnya masyarakat Kota Beriman didominasi para pekerja. Saat ini banyak masyarakat yang bekerja sari rumah atau Work From Home (WFH). Sehingga penyekatan jalan dinilai lebih efektif dilakukan sejak sore sampai malam.

“Mulai besok  kita terapkan,” katanya. (ryn/boy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: