Lanal Sangatta dan Pemkab Kutim Dua Kali Gelar Vaksinisasi

Kutim, nomorsatukaltim.com – Guna membantu mensukseskan program vaksinisasi. Untuk Kedua kalinya Pangkalan TNI AL (Lanal) Sangatta menggelar vaksinisasi massal. Kali ini sasarannya dipusatkan di Kenyamukan, Kecamatan Sangatta Utara. Khususnya wilayah pesisir pantai. Pada Selasa (6/7).

Antusias masyarakat pesisir untuk melaksanakan vaksin sinovak covid-19 sangat luar biasa. Hampir 200 masyarakat pesisir ikut mensukseskan program serbuan vaksin tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan serentak di beberapa wilayah operasional TNI AL yang ada di Indonesia.

Komandan Lanal Sangatta, Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi, S.T.,M.Tr.Hanla.,M.M menjelaskan. Vaksinisasi hari ini kelanjutan dari yang kemarin. Selain itu kegiatan ini juga merupakan agenda serentak sesuai arahan Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL), bagi seluruh satuan TNI di seluruh Indonesia.

“Kegiatan hari ini sesuai arahan bapak Kasal. Beliau langsung meninjau pelaksanaan ini melalui Vicon kepada jajaran TNI AL diseluruh Indonesia, yang melaksanakan vaksinasi secara serentak” jelas Danlanal.

Dirinya menegaskan, bahwa pelaksanaan vaksinasi kali ini sebanyak 200 dosis. Dengan sasaran utama yakni masyarakat diwilayah pesisir, mulai dari nelayan, agen kapal pelayaran, tenaga bongkar muat, hingga karyawan SOP Syahbandar.

“Selama beberapa hari terakhir kami bersama dinas kesehatan Kutim mencari vaksin, karena memang di Kutim habis. Alhamdulilah kantor KKP masih ada stock yang bisa digeser untuk acara hari ini,” imbuh Danlanal.

Dengan mulai diberlakukannya penyekatan di sisi darat. Danlanal menilai sisi laut juga perlu diperhatikan, karna potensi penyebaran dari semua sisi.

“Untuk itu, kita memberikan vaksinasi agar mereka yang bekerja dilaut mendapat kekebalan tubuh (imun), selain itu kita juga melakukan dor to dor untuk masyarakat di pesisir, mensosialisasikan terkait keamanan penggunaan dari vaksin itu sendiri dan juga mensosialisasikan protokol kesehatan ditengah pandemi covid 19,” tutup I Danlanal. (adv)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: