Komisi IV Gelar RDP Bersama ISBI

Salehuddin: Kami Mendukung ISBI Tetap di Kaltim

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Komisi IV DPRD Kaltim menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Kaltim di Ruang Rapat Gedung D, Selasa (6/7) pukul 10.00 Wita.

Agenda ini dihadiri Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Yaqub didampingi Sekretaris Komisi IV DPRD Kaltim, Salehuddin. Turut hadir Kadisdikbud Kaltim, Anwar Sanusi didampingi Sekretaris Disdikbud, Sofia Rahma. Hadir juga Koordinator rintisan ISBI Kaltim, I Wayan Dana.

Saat ditemui usai kegiatan, Sekretaris Komisi IV DPRD Kaltim, Salehuddin S Sos S Fil menyampaikan, sangat mendukung adanya Kampus ISBI di Kaltim. Terutama, gedung mandiri yang diperentukan untuk mahasiswa.

Kendati demikian, Politisi dari Partai Golkar ini menjelaskan permasalahan tersebut, disebabkan kendala biaya operasional. Seperti alat pendidikan dan pengangkatan dosen. Sebagai sarana belajar, ISBI juga belum memiliki bangunan pendukung. Hingga saat ini masih menumpang.

WhatsApp Image 2021 07 06 at 13.42.14 1

Sekretaris Komisi IV DPRD Kaltim, Salehuddin S Sos S Fil. (Topan Setiawan/Nomor Satu Kaltim)

“Saya secara pribadi mendukung keberadaan ISBI di Kaltim, terutama di Kutai Kartanegara (Kukar). Hal itu saya rasa dimanfaatkan untuk peningkatan ekonomi pada sektor Pariwisata, ucap Salehuudin kepada wartawan Disway dan nomorsatukaltim.com, Selasa (6/7/2021) pagi.

Menurut Pria yang akrab disapa Saleh ini, sejak direncanakan tahun 2012 silam, Pemerintah Provinsi terus berupaya mengagas Kabupaten Kukar menjadi pusat sentral kebudayaan pariwisata khas Kaltim.

pemprov iduladha

“Sehingga ISBI memiliki pengaruh andil dalam menggali kekayaan kebudayaan pariwisata di Kaltim,” tutur Legislator Karang Paci Asal Dapil Kukar ini.

Sementara itu, Koordinator rintisan ISBI Kaltim, I Wayan Dana mengatakan, sampai saat ini tidak terurusnya polemik ISBI disebabkan komunikasi yang terputus. Bergantinya rektor ISI, gubernur Kaltim, sampai presiden. Kebijakan pun ikut berhenti.

Sejak lima tahun lalu adalah pertama kali mahasiswa ISBI kuliah di Tenggarong. Empat angkatan pertama institut sebelumnya

“Dititipkan” di ISI Jogjakarta. Khusus angkatan kelima, pada 2016, aktivitas perkuliahan dipindah ke Gedung C, kantor UPTD Museum Mulawarman di Tenggarong,” tutupnya. (Adv/top)

dprd kaltim
Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: