ngopi

Hewan Kurban di PPU Mulai Diperiksa Kelayakannya

PPU, nomorsatukaltim.com – Hari raya Iduladha bagi umat muslim juga disebut Hari raya Kurban. Pada peringatannya, hewan-hewan sesuai syariat akan disembelih, dan daging dibagikan ke warga sekitar yang membutuhkan.

Sejak lima belas hari sebelum lebaran Iduladha 1442 Hijriah, Dinas Pertanian (Distan) PPU bakal melaksanakan pemeriksaan hewan. Mencakup binatang sapi dan kambing yang ada di seluruh Benuo Taka.

Tim pengawas sudah dibentuk. Beranggotakan 30 orang, gabungan dari Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan dan Bidang Penyuluh di Distan PPU. Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan Distan PPU Arief Murdiyatno memerintahkan mereka untuk turun ke lapangan.

“Mereka akan ke peternakan-peternakan lokal yang ada. Juga ke lokasi penjual-penjual hewan kurban. Untuk memeriksa kesehatan hewan kurban. Kita lakukan sudah sejak 15 hari sebelum hari H,” ungkapnya.

Sudah bukan rahasia. Perayaan ini jelas juga dimanfaatkan para pedagang musiman. Biasanya banyak dari luar daerah. Mereka itu juga tak akan luput dari sasaran pemeriksaan.

“Kalau hewan kurban dari luar daerah, harus menyertakan dokumen karantina dari asal daerah. Hal itu penting untuk memastikan hewan itu sehat dan tidak mempunyai penyakit,” katanya.

Tujuan pemeriksaan hewan untuk memberikan jaminan terhadap masyarakat. Bahwa hewan ini memenuhi syarat. Syarat sehat, bebas dari penyakit dan layak digunakan warga dalam ritual keagamaan. Selain hanya layak untuk dikonsumsi.

“Pemeriksaan tersebut juga untuk memenuhi standar sehat, aman, halal dan utuh,” katanya.

Adapun pemeriksaan tim itu dilaksanakan hingga pasca pelaksanaan Iduladha.

“Kami juga akan melakukan pemeriksaan daging di setiap titik pemotongan hewan kurban pada hari H,” tutup Arief. (rsy/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply