Rusdi, Pebiliar Kaltim yang Pertajam Skill di Turnamen Lokal

Samarinda, nomorsatukaltim.com– Pebiliar Kaltim ini mengaku kerap mengasah kemampuan melalui perhelatan turnamen lokal yang rutin diselenggarakan rumah biliar. Karena di sana ia menemukan sebuah atmofsir persaingan yang timbul. Saling adu kebolehan menjadi pemenang meraih hadiah diperebutkan.

Rusdi, yang sudah malang melintang di dunia biliar mengatakan memiliki kelemahan mendasar sebagai seorang atlet biliar. Ia kerap gugup menghadapi pertandingan resmi, padahal sudah masuk babak final. Seperti pada turnamen tingkat nasional di Bali, Desember 2020 kemarin.

Ia harus merelakan medali emasnya di kelas single. Kalah di laga final. Untung di kelas double bisa memaksimalkan kemampuannya bersama tandemnya. Membawa oleh-oleh bagi kontingen Kaltim yang mengikuti turnamen tersebut.

Menyadari kelemahannya, lantas ia bawa dirinya untuk ke tempat kebugaran. Dia percaya, tubuh yang sehat dan proporsional ikut menentukan daya konsentrasinya ketika menyodok bola biliar. Selain itu, menjaga pola latihan rutin juga dilakukan.

Sering keluar sebagai juara di turnamen lokal memang banyak mendapati pelajaran berharga. Salah satunya adalah pengalaman tanding dengan tingkat tekanan. Meski untuk sementara turnamen di rumah biliar saat ini di tunda, mengingat pandemi COVID-19.

“Latihan saja setiap hari, saat ini semua turnamen masih di tunda karena covid. Padahal lewat turnamen itulah kita tingkatkan mental tanding,” katanya, Ahad (4/7/2021) kemarin.

Tak hanya rindu suasana turnamen. Demi menjaga diri dari kerumunan Rusdi juga menunda pergi ke tempat kebugaran. Sebagai gantinya, olahraga di rumah jadi solusi paling efektif.

“Sudah sebulan terakhir ini tidak ke tempat kebugaran. Latihan sendiri di rumah, kita siasati dulu situasi pandemi ini. Yang penting jaga diri dan tetap waspada,” imbuhnya.

Sementara untuk pemusatan latihan dalam rangka persiapan PON XX Papua. Dalam waktu dekat semua pebiliar andalan Kaltim itu akan menjalani Training Center (TC). “Untuk tim biliar PON rencananya bulan Juli ini kita akan jalani TC di wilayah Palaran, tapi masih belum ada info lagi kapan akan di mulai,” pungkasnya. (frd/fdl)

 

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: