Gas Menyembur saat Pengeboran Tanah di Sepinggan, Bhabinkamtibmas: Tak Berbahaya

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Kebocoran gas terjadi di kawasan Perumahan Griya Bukit Residence VII, Kelurahan Sepinggan, Balikpapan Selatan, Senin (5/7/2021) pukul 11.00 Wita. Saat kejadian, gas menyembur hingga ketinggian 3-4 meter.

Bhabinkamtibmas Sepinggan Aiptu Sutantoro segera ke lokasi. Usai mendapat laporan dari ketua RT setempat.

“Penyebab semburan gas awal dari aktivitas pengeboran untuk mendapatkan air oleh tukang sumur bor,” ujar Sutantoro.

Lanjut Sutantoro, pengeboran tersebut merupakan permintaan dari pemilik rumah. Hingga sekitar pukul 11.50 Wita, Babinsa dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan, Suseno mendatangi lokasi kejadian.

Meski demikian, penanganan kebocoran tersebut tak bisa dilakukan begitu saja. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Balikpapan yang dinilai berkompeten.

“Kami di TKP (tempat kejadian perkara). Sudah kami amankan bersama Bhabinkamtibnas dan Babinsa serta nunggu teman-teman DLH lainnya dan PT PHM (Pertamina Hulu Mahakam),” jelas Suseno.

Selang beberapa jam, personel dari PT PHM tiba dengan perlengkapan pemeriksaan gas. Dari hasil pemeriksaan memang ditemukan kandungan gas, namun masih diambang tidak berbahaya.

“Alhamdulillah kandungan gas tidak berbahaya, dan bisa dipastikan jika beberapa jam bisa segera hilang seiring air juga berkurang,” jelas Suseno. (bom/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim:

Leave A Reply