Demi Juara Porprov, Samarinda Inginkan Seleksi Atlet

Samarinda, nomorsatukaltim.com– KONI Samarinda minta agar atlet yang akan diturunkan pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Kaltim melalui proses seleksi. Langkah tersebut dianggap penting. Demi menuntaskan misi Samarinda sebagai juara umum ajang empat tahunan itu.

Karena secara otomatis, atlet Samarinda yang terlebih dulu menjalani seleksi tentu mempunyai kualitas tertinggi dan layak untuk diandalkan. Selain itu, dengan ajang seleksi dipastikan mampu menghidupkan gairah individu atlet maupun klub dalam internal cabor. Hal itu dibenarkan langsung Wakil Ketua I KONI Samarinda, Deny Fahrianur.

“Kita berharap sebelum berangkat ke Pra Porprov. Supaya mengadakan selekcab antar klub. Artinya atlet terbaiklah yang bertanding di sana. Selain itu ajang seleksi akan memberi dampak yang baik bagi klub,” katanya saat menghadiri muskotlub Muaythai Kota Samarinda, Sabtu (3/7) malam.

Dalam kesempatan tersebut, Deny juga menyampaikan program unggulan KONI Samarinda terkait dengan pengembangan sumber daya keolahragaan di Kota Tepian. Salah satunya dengan menyelenggarakan Training Of Trainer (TOT) untuk meningkatkan standar pelatih maupun wasit.

“Ada beberapa program yang kita adopsi dari KONI Kaltim demi prestasi di ajang Porprov nanti. Salah satunya adalah TOT, kita berharap pelatih Samarinda semuanya memiliki standar nasional,” tuturnya.

Ia melanjutkan, KONI Samarinda sangat serius mempersiapkan semua cabor sebelum berlaga di Porprov Berau. Pengalaman pahit di Porprov VI Kaltim di Kutim 2018 tentu tak bisa dilupakan. Memimpin klasemen perolehan medali selama 13 hari ajang perhelatan. Saat di akhir kejuaraan disalip tuan rumahyang akhirnya keluar sebagai juara umum.

Nah, agar pengalaman buruk itu tidak kembali terulang. Selain program peningkatan SDM dengan TOT. KONI Samarinda juga menyiapkan program monitoring dan evaluasi (monev), yang di adopsi dari KONI Kaltim. Secara teknis akan ada tim yang turun ke cabor. Memastikan program latihan berjalan baik dan maksimal.

“Termasuk program monitoring yang teknisnya kurang lebih sama dengan turun ke tempat latihan masing-masing cabor. Ini semua kita buatkan program demi merebut kembali juara umum di Porprov nanti,” jelasnya mengakhiri. (frd/fdl)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: