Selama PPKM Mikro di Kukar, Razia dan Tes Antigen Acak Dilakukan

Kukar, nomorsatukaltim.com – Pemkab Kukar tidak main-main dalam pelaksanaan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM mikro di Kukar. Razia pun dilakukan ke beberapa tempat, memastikan masyarakat bisa mematuhi peraturan yang tercantum dalam surat edaran.

Tim Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Kukar pun langsung beraksi. Dipimpin Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar, Sunggono, melakukan razia di tempat-tempat keramaian di pusat Kecamatan Tenggarong. Yakni cafe, angkringan dan rumah makan.

Operasi malam pertama, menyasar kafe yang berada di Pasar Seni Tenggarong, angkringan Stadion Rondong Demang, dan pelabuhan depan Museum Mulawarman. Yang kerap menjadi tempat berkumpulnya masyarakat, orang tua maupun anak muda.

Tidak hanya razia kepatuhan protokol kesehatan (Prokes) saja, Tim Satgas COVID-19 Kukar pun melakukan tes rapid antigen secara acak. Kepada pengunjung dan pemilik tempat makan atau kafe.

Menyasar pengunjung yang memang belum melakukan vaksin. Setidaknya seratus test pack rapid antigen yang disiapkan.

“Rapid (antigen) terfokus pada mereka yang belum vaksin,” ujar Sunggono pada Disway Kaltim dan nomorsatukaltim.com, Sabtu (3/7/2021).

pemprov iduladha

Sunggono mengatakan, jika memang ditemukan ada yang menunjukkan hasil positif, maka petugas Satgas COVID-19 Kukar bakal langsung melakukan proses isolasi kepada yang bersangkutan. Membawa ke Wisma Atlet Tenggarong Seberang.

“Bersangkutan diminta menghubungi keluarga, dan secara teknis kita angkut ke wisma (atlet),” tambah Sunggono lagi.

Sementara itu, bagi kafe yang ditemui pengunjung dan pekerjanya yang positif, akan langsung dilakukan penyemprotan disinfektan dan penutupan tempat usaha sementara selama dua hari. Serta memastikan tidak ada kegiatan di tempat tersebut. Sesuai ketetapan Satgas COVID-19 Kukar.

“Ini merupakan inovasi dan pengembangan dari penerapan PPKM mikro yang ada di Kukar,” tutup Sunggono.

Dari hasil operasi nonyustisi dan swab antigen yang akan dilakukan rutin tiap malam. Dari tiga tempat keramaian yang didatangi oleh tim Satgas, tidak ada satupun pengunjung atau karyawan kafe dan angkringan yang ditemukan positif, berdasarkan hasil tes antigen. (mrf/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: