Dari Rp 60 M Usulan Penangangan COVID-19 Kukar, Diskes Butuh Rp 32 M

Kukar, nomorsatukaltim.com – Pemkab Kukar memang sudah berencana akan menambah anggaran Rp 60 miliar untuk penanganan COVID-19 di Kukar. Dimasukkan dalam anggaran Biaya Tidak Terduga (BTT), rencananya akan diajukan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2021 ini.

Seperti yang dijelaskan belum lama ini oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar, Sunggono pada media ini. Sebagian besar untuk kebutuhan Dinas Kesehatan (Diskes) Kukar dalam menangani pandemi yang tak kunjung usai ini.

Baca juga: Penanganan COVID-19 di Kukar Butuh Rp 60 Miliar Lagi

Rencana ini timbul setelah diketahui, anggaran penanganan COVID-19 yang masuk BTT APBD 2021 senilai Rp 40 miliar, hanya cukup hingga akhir semester pertama saja. Perlu tambahan biaya, melihat kasus COVID-19 terus meningkat di Kukar.

Saat dikonfirmasi kepada Kepala Diskes Kukar, Martina Yulianti, setidaknya penanganan hingga akhir tahun membutuhkan anggaran sekitar Rp 32 miliar lagi. Dikarenakan banyak kebutuhan yang harus dipenuhi untuk penanganan COVID-19. Seperti pembelian reagen untuk penggunaan alat Polymerase Chain Reaction (PCR), obat untuk pasien COVID-19, insentif tenaga kesehatan (nakes), menggaji relawan.

Serta kebutuhan-kebutuhan di RS Darurat Wisma Atlet Kukar. Paling besar untuk alat tes penentuan terkonfirmasi positif COVID-19 dan alat habis pakai. Seperti Alat pelindung diri (APD), masker medis, sarung tangan latek, serta alat-alat penanganan saat berhubungan langsung dengan pasien terkonfirmasi positif COVID-19. Bahkan sampai-sampai Rp 50 miliar untuk setahun.

Apalagi di Kukar memiliki setidaknya tiga rumah sakit daerah, yakni RSUD AM Parikesit Kukar, RSUD Aji Batara Agung Dewa Sakti Samboja, dan RSUD Dayaku Raja Kota Bangun. Hingga 30 puskesmas yang tersebar di 18 kecamatan se-Kukar. Semuanya menangani kasus COVID-19.

“Ya itu kebutuhan paling banyak,” ujar Martina pada Disway Kaltim dan nomorsatukaltim.com, belum lama ini.

Jika memang usulan ini disetujui oleh DPRD Kukar dalam proses pengajuan APBD Perubahan Kukar 2021. Maka total anggaran BTT kurang lebih menjadi Rp 100 miliar lebih. Dan diperkirakan aman hingga akhir 2021 mendatang. (mrf/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: