Lanal Sangatta Bantu Pemkab Kutim Sukseskan Vaksinasi

Antusias Meningkat, Warga Semakin Sadar Pentingnya Divaksin

Kutim, nomorsatukaltim.com – TNI Angkatan Laut dalam hal ini Lanal Sangatta menggelar vaksinasi untuk masyarakat Kabupaten Kutai Timur (Kutim) pada Sabtu (03/07) pagi. Markas Komando Lanal Sangatta, Jalan Malahayati di Kompleks Perkantoran Bukit Pelangi dipenuhi warga.

Jika melihat antusiasnya warga untuk divaksin. Tentunya hal ini sangat membantu Pemkab Kutim untuk menyukseskan program vaksinasi yang digaungkan pemerintah.

Komandan Lanal Sangatta (Danlanal), Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi merupakan rangkaian sinergisitas antara TNI-POLRI dan Pemerintah terhitung sejak tanggal 26 Juni yang lalu.

Pada pelaksanaan kali ini, Danlanal mengaku kaget melihat besarnya antusias masyarakat untuk datang ke Mako Lanal untuk divaksin. Bahkan ada masyarakat yang rela datang dari pukul 3 dini hari. Namun, lantaran ketersediaan vaksinasi hanya 500 dosis, sehingga tidak semua seluruh masyarakat yang datang kebagian jatah vaksin.

“Antusias dari masyarakat saat ini, alhamdulilah. Kalo sebelumnya kita mencari masyarakat yang mau divaksin, sekarang yang divaksin mencari tempat vaksin. Jadi kita bersyukur masyarakat sudah memiliki kesdaran yang tinggi pentingnya vaksinasi,” jelas Danlanal.

“Untuk saat ini jatah kita 500, karena memang ketersediaan hanya 500. Tadi saya arahkan untuk yang belum terfasilitasi tidak perlu khawatir, karena ini akan dilaksanakan secara bertahap dan berkelanjutan,” imbuhnya.

Diketahui, Lanal Sangatta juga melakukan jeput bola menggunakan bus, terhadap masyarakat binaan di desa pesisir pantai Kenyamukan yang ingin mengikuti vaksinasi namun tidak memiliki kendaraan.
Terkait pelaksanaan vaksinasi lanjutan, Danlanal belum mengetahui waktu kedatangan vaksin. Namun yang pasti, pihaknya akan selalu siap untuk menyukseskan pelaksanaan vaksinasi.

“Seluruh komponen bangsa, TNI-POLRI, Dinas Kesehatan, Pemerintah Daerah akan melaksanakan perintah Presiden. Kami selalu siap melaksanakan itu, demi masyarakat sehat. Karena yanga satu sehat akan menyelamatkan nyawa yang lain. Ini harus diprogramkan semua, tanggung jawab bersama untuk memperlambat penyebaran COVID-19,” sebutnya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur melalui Kepala Dinas Kesehatan, dr. Bahrani Hasanal yang didampingi oleh Dandim 0909/ Sangatta Letkol CZI Pabate menjelaskan. Jika hingga hari ini pihaknya telah mendistribusikan vaksin hingga 10 ribu. Diharapkan dengan besarnya antusias masyarakat semakin mempercepat terbentuknya herd immunity di Kutim.

“Kami berterima kasih sekali kepada pihak Lanal, Kodim dan Polres. Bahwa kami berkolaborasi bagaimana secepatnya mendistribusikan vaksin kepada masyarakat Kutai Timur. Tinggal sekarang ketersediaan vaksin saja, jadi kami sudah koordinasi bahwa kami akan mengerjakan kroyokan mendistribukikan vaksin,” ujar dr. Bahrani.

Dirinya juga menyebut, untuk masyarakat di pesisir pantai Kutai Timur akan menjadi sasaran dari Lanal Sangatta. Sedangakn Dinas Kesehatan akan menyiapkan segala sesuatunya untuk pelaksanaan vaksinasi, temasuk tenaganya. (adv/bct)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: