Kontribusi PAMA Membangun Negeri, Mulai Membina Masyarakat Sampai Jaga Lingkungan

Jakarta, nomorsatukaltim.com – PT Pamapersada Nusantara (PAMA) terus berupaya untuk memberikan manfaat positif bagi lingkungan. Terutama masyarakat sekitar. Melalui berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan secara berkelanjutan.

Tentunya program CSR tersebut merupakan wujud untuk menjadi bagian dari masyarakat. Terutama tempat PAMA beroperasi. Hal ini diungkapkan manajemen kontraktor penambang batu bara anak perusahaan PT United Tractors Tbk itu saat ramah tamah dengan insan media se-Kalimantas-Sumatera (Kalsum), Kamis (1/7/2021) lalu via daring.

“Menjaga keseimbangan alam dan membangun harmoni dengan masyarakat telah menjadi ciri khas PAMA. Bagi kami, membangun dan memberdayakan masyarakat sekitar sama pentingnya dengan membangun Negeri. Untuk itu, kami mengembangkan program CSR terpadu yang mencakup berbagai bidang. Mulai dari ekonomi, pendidikan hingga kesehatan,” jelas Security dan External Relation Departemen Head (SERDH) PT PAMA, Gunawan Setiadi.

Perusahaan membagi program CSR dalam lima bidang. Pertama, pengembangan dan peningkatan ekonomi masyarakat. Kedua kesehatan dan gizi masyarakat, ketiga  manajemen pengelolaan lingkungan. Keempat pendidikan, peningkatan keterampilan dan kursus. Serta ke-5 sosial, budaya, agama dan sarana sosial.

“Semua program telah dijalankan di semua site di Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan dan Jakarta,” tegas Gunawan pada Harian Disway dan Nomorsatukaltim.com.

Program pengembangan dan peningkatan ekonomi masyarakat, perusahaan secara aktif melakukan pembinaan usaha masyarakat. Yakni mendukung ekonomi daerah terutama di area kerja perusahaan dengan mendirikan Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) dan Lembaga Keuangan Mikro (LKM).  Hingga 2020, perusahaan pertambangan ini sudah mendirikan 8 LPB dan 2 LKM yang kini badan usahanya berubah menjadi Koperasi, dan 1 LPB sudah menjadi LPB Mandiri. Ditahun yang dama, juga telah membina 2.221 UMKM dan 142 diantaranya merupakan UMKM mandiri.

Program kesehatan dan gizi masyarakat meliputi pembinaan posyandu, donor darah dan pembangunan infrastruktur kesehatan.  Hingga akhir 2020, telah membina 81 posyandu. Selain itu juga senantiasa mengadakan kegiatan donor darah untuk disumbangkan ke PMI. Pada 2020, telah menyumbangkan sebanyak 7.277 kantong darah. Kontirbusi lainnya dalam pembangunan gedung Posyandu yang salah satunya berada di PAMA ADRO.

Program manajemen pengelolaan lingkungan PAMA mengembangkan Program Kampung Berdikari PAMA (KBP). Yaitu suatu program terpadu untuk membina suatu kampung dengan berdasar 4 pilar utama. Antara lain program peningkatan ekonomi masyarakat, kesehatan, lingkungan dan pendidikan. Hingga saat ini perusahaan telah membina 18 KBP dengan beragam produk unggulannya di setiap daerah dari 16 jobsite. Perusahaan juga mendukung progam pemerintah mengenai penataan ruang dengan membuka 11 Ruang Terbuka Hijau (RTH) hingga 2020.

Program pendidikan, peningkatan keterampilan dan kursus. Meliputi pembinaan 99 sekolah adiwiyata, pembinaan 44 PAUD dan 28 SMK, serta 414 sekolah terpapar yang menerima program pendidikan. Juga ada program karyawan mengajar, dan gerakan orang tua asuh. Dimana perusahaan saat ini memberikan beasiswa pendidikan S1 kepada 138 mahasiswa. Perusahaan juga bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik di daerah tertinggal. Kemudian meningkatkan prestasi akademik dan non akademik melalui program Semangat Pagi (Semangat Prestasi Anak Negeri) dan Aku Pasti Bisa.

Program sosial, budaya, agama dan sarana sosial setiap tahun, perusahaan selalu memberikan santuan yatim piatu dan menyalurkan hewan kurban. Selain itu juga aktif memberikan bantuan bagi masyarakat terdampak bencana alam. Tidak hanya di area tempat beroperasi tapi juga di area lain.

Selama masa pandemi, perusahaan juga berupaya untuk memberikan kontribusi bagi masyarakat. Dengan berbagi sembako kepada masyarakat kurang mampu yang terdampak pandemi. Kemudian memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) kepada instansi pemerintahan untuk membantu para tenaga kesehatan (Nakes) maupun Satuan Petugas (Satgas) COVID-19.

“PAMA berharap berbagai program CSR yang telah dijalankan secara berkelanjutan dapat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat dan menjaga keseimbangan alam,” harap Gunawan. (hry/boy)

 

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: