Terkendala Hibah Lahan, Proyek Halte Depan SMP Melak Molor

Kubar, nomorsatukaltim.com – Rencana pembangunan halte di Kecamatan Melak tepatnya di depan SMP Negeri 2 Sendawar, dipastikan mundur dari target.

Awalnya, tempat pemberhentian yang akan digunakan bus karyawan perusahaan di Kota Beradat ini dibangun pada Juni 2021 ini. Namun, terkendala status lahan hibah dari Provinsi.

Dinas Perhubungan Kubar sebelumnya menargetkan pembangunan dua halte di Kubar mulai dibangun Juni 2021.

“Ini setelah adanya halte di Kelurahan Simpang Raya Kecamatan Barong Tongkok, yang dibangun perusahaan,” kata Kepala Dishub Kubar, Rakhmat kala itu kepada media ini.

Kedua tempat pemberhentian bus yang direncanakan dibangun itu yakni, di Jalan Gunung Aji atau depan SMPN 2 Sendawar Kecamatan Melak, dan Kecamatan Sekolaq Darat.

Awak Disway Kaltim dan Nomorsatukaltim.com mencoba ke pihak perusahaan yang menjadi penyokong pembangunan, mengungkap alasan molornya proyek tersebut.

pemprov iduladha

“Kita disuruh buat halte segera, tapi status lahannya saja belum jelas. Itu kan lahan Provinsi, belum dihibahkan ke kabupaten. Karena belum tuntas soal lahan ya belum ada gerak juga dari kita (perusahaan),” beber Azis salah satu perusahaan tambang batu bara, ditemui wartawan.

Kurangnya responsif pemerintah dalam hal ini menjadi penyebab utamanya. Azis berharap pemerintah melalui intansi terkait segera menuntaskan persoalan dimaksud.

“Jika lahan sudah klir semua, artinya tidak ada masalah dalam pembangunan, kita segera bangunkan halte itu. Infonya sih tinggal menunggu persetujuan tertulis dari Gubernur. Kalau lisannya sih sudah setuju,” tandasnya. (luk/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: