Area Pasar Pandansari Balikpapan Dibersihkan, Jalan Umum dan Drainase Jadi Prioritas

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Area Pasar Pandansari akan dibenahi. Terutama untuk peningkatan jalan dan perbaikan saluran drainase. Keduanya merupakan prioritas dan bakal dikerjakan tahun ini. Hal itu dipastikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Balikpapan Andi Yusri Ramli.

Ia menyebut akan memasukkan rencana kerjanya dalam pembahasan APBD Perubahan 2021. Untuk tahap awal bakal mengerjakan bagian fasilitas umum drainase. Yang sebelumnya ditempati lapak Pedagang Kaki Lima (PKL). Saat ini pihak DPU alami kesulitan mendata beberapa rencana perbaikan. Ini lantaran lokasi yang sebelumnya ditempati PKL belum bersih sepenuhnya.

Perbaikan drainase itu bakal dikerjakan secara keseluruhan di sepanjang jalan utama area pasar, sampai ke bagian permukiman. Lokasinya berada di belakang pasar dan pembuangannya menembus sampai ke laut. Lantaran kondisi drainase sudah memprihatinkan. Beberapa titik tersumbat sedimentasi dan kotoran.

“Nanti sekeliling pasar ini akan kita perbaiki, termasuk jalan yang dipergunakan para PKL,”ujarnya.

Selain drainase, pihaknya berencana meningkatkan fasilitas jalan umum yang sebelumnya juga digunakan para PKL. Begitu juga beberapa bagian gedung pasar.  Akan ada perbaikan dan sedang dalam proses pendataan. Yusri menyebut akan mendiskusikan hal itu dalam waktu dekat dengan instansi terkait untuk menentukan anggaran yang dibutuhkan.

“Untuk tahun ini kita alokasikan untuk anggaran yang dinilai kecil saja sehingga dapat segera dilaksanakan tanpa melalui proses lelang,” ungkapnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Balikpapan Arzaedi Rahman menyebut akan ada langkah-langkah pengembangan pasar terbesar di Balikpapan Barat tersebut. Antara lain perbaikan saluran drainase, penambahan fasilitas umum seperti plang-plang peringatan area bebas PKL di beberapa titik, serta berencana mengembangkan taman sebagai fasilitas sosial dan mempercantik pasar tersebut.

“Ini DED (Detail Engineering Design) sedang dikerjakan,” katanya. (ryn/boy)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: