Kisah Bhabinkamtibmas Lamaru Jemput Warga untuk Vaksinasi

Tembus Medan Berlumpur, Senang Bisa Divaksin

Tak semua orang sanggup menuju tempat vaksinasi. Jarak dan kendaraan bisa jadi hambatan. Bhabinkamtibmas Lamaru salah satunya, yang berjuang membantu warga menembus keterbatasan.

nomorsatukaltim.com – Sebelum kehadiran Gerai Vaksin Presisi Mobile, Jajaran Polresta Balikpapan rupanya kerap menjemput warga untuk dapat melakukan vaksinasi. Seperti yang sempat dilakukan oleh Polsek Balikpapan Timur, bertepatan Hari Bhayangkara, Kamis (1/7/2021).

Bermula dari Ketua RT 09 Kelurahan Lamaru, Balikpapan Timur, saat menghubungi jajaran Polsek Balikpapan Timur, dalam hal ini Bhabinkamtibmas Kelurahan Lamaru. Ia menginfokan ada warga yang hendak divaksin.

“Ketika Bhabinkamtibmas mendapat telepon dari RT, personel mendatangi  rumah warga tersebut. Ternyata medan ke rumahnya, berlumpur karena hujan,” ujar Kapolsek Balikpapan Timur, Kompol FX Suhartanta, Kamis (1/7/2021).

Terlebih untuk menuju rumah warga yang bernama Bakri (60) itu ternyata tak mudah. Medan jalan yang dilalui sebagian besar berupa tanah. Apalagi setelah ditemui, Bakri tak memiliki kendaraan untuk mendatangi tempat vaksinasi.

“Makanya saya perintahkan Bhabinkamtibmas untuk menjemput pakai motor, agar bisa melaksanakan vaksinasi di Hari Bhayangkara ke-75 ini,” jelas Suhartanta.

Bakri sendiri kemudian diantarkan menuju Puskesmas Lamaru, sebagaimana yang terdaftar dalam identitasnya.

“Lansia ini tadi kami bawa langsung ke Puskesmas Lamaru karena warga Kelurahan Lamaru. Jadi pelaksanaan vaksin di Puskesmas Lamaru,” tambah Kompol Suhartanta.

Sementara itu. Bakri merasa bersyukur bisa mendapatkan vaksinasi di Hari Bhayangkara kali ini. Sudah jauh hari ia ingin sekali mendapatkan vaksin, agar menambah kekebalan imun dalam tubuhnya.

“Ya senang mas. Alhamdulillah sekali bisa divaksin hari ini,” ujarnya.

Bakri berharap, pelayanan yang telah dilakukan oleh jajaran Polri bisa terus dilakukan bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan.

“Semoga (Polri) bisa terus melayani masyarakat ya mas,” tutupnya.

BUS VAKSIN

Bertepatan dengan Hari Bhayangkara, Kamis (1/7/2021), jajaran Polresta Balikpapan mendirikan sejumlah gerai vaksin presisi, bekerja sama dengan Kodim 0905 Balikpapan dan Dinas Kesehatan Kota Balikpapan. Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol Turmudi mengatakan, gerai vaksin presisi ini didirikan di lima.

“Untuk gerai sendiri, kami buka lima. Kemudian ada lagi dua yang mobile, ini dalam rangka kita menjemput bola mendekatkan pelayanan,” ujar Turmudi.

Lanjut Turmudi, dua unit kendaraan jenis bus ini sengaja diluncurkan bertepatan dengan Hari Bhayangkara. Adapun fungsinya demi mendekatkan pada masyarakat. Sebab, menurutnya masih banyak masyarakat yang tinggal di pelosok Balikpapan, yang dirasa terlalu jauh jika harus mendatangi gerai vaksin.

“Nanti akan mobile, sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Di daerah mana yang membutuhkan vaksin keliling itu, kita jemput bola,” jelasnya.

Di samping itu, demi mengundang animo masyarakat, pihaknya juga menyediakan doorprize bagi masyarakat yang mendatangi bus vaksin presisi, khusus di Hari Bhayangkara. Bus vaksin presisi ini bahkan digadang-gadang pertama kali di Kalimantan. Demikian diungkapkan Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol Turmudi.

Bus vaksin presisi ini menitikberatkan pada masyarakat-masyarakat dengan kondisi tertentu. Di antaranya masyarakat Balikpapan yang dinilai berat untuk mendatangi langsung gerai vaksinasi yang disediakan Pemkot Balikpapan.

“Karena kita tahu, banyak yang usia lanjut atau para lansia yang keluarganya mungkin sibuk, tidak bisa mendatangi tempat vaksin yang disediakan pemerintah, kita jemput bola,” ujarnya.

Di samping itu, lantaran masih hari pertama peluncuran, vaksinasi melalui bus vaksin presisi ini tergolong sedikit melibatkan partisipasi masyarakat. Sehingga belum banyak masyarakat mendatangi bus vaksin presisi yang diluncurkan bertepatan dengan Hari Bhayangkara ini.

“Ini karena masih pertama ya, kendalanya mungkin masyarakatnya masih sangat terbatas. Karena belum tahu. Kita sosialisasikan, nanti mudah-mudahan targetnya lebih banyak,” tutupnya.  (bom/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: