Puluhan Komunitas Oltrad di Kubar Dilatih Membuat Gasing

Kubar, nomorsatukaltim.com – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kubar semakin serius melestarikan olahraga tradisional (Oltrad) di Kota Beradat. Kali ini, sejumlah komunitas oltrad di Kubar mendapat pelatihan mesin bubut gasing.

Para peserta begitu antusias mengikutinya. Puluhan peserta dipastikan menghadiri pelatihan. Kepala Dispora Kubar, Petrus melalui Kepala Bidang (Kabid) Pembudayaan Olahraga, Alkatib mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan agar nantinya peralatan oltrad khususnya gasing yang ada di Kubar tidak lagi mengharapkan atau bergantung dari luar daerah.

Tak hanya itu, upaya ini mendukung pula program pengenalan oltrad sejak dini di masyarakat.

“Jadi nanti Kubar sudah bisa membuat gasing sendiri, untuk bahan serta alat kita sudah punya. Tinggal kemampuan dan juga SDM saja lagi yang memang harus terus dilatih,” kata Alkatib, beberapa waktu lalu.

Dia menambahkan, pelatihan ini masih satu rangkaian program dengan pemberian bantuan mesin bubut kepada beberapa komunitas oltrad yang beberapa waktu lalu dilaksanakan. Serta bertujuan untuk bisa memaksimalkan bantuan mesin bubut untuk bisa membuat gasing yang sesuai standar.

“Jadi mesin bubut yang diberikan kemarin tidak hanya didiamkan saja, tetapi bisa dimaksimalkan. Apalagi beberapa komunitas oltrad yang ada di Kubar ini juga sudah mulai mengembangkan dan mengenalkan oltrad kepada masyarakat luas,” jelasnya.

Adapun pelaksanaan pelatihan mesin bubut gasing tersebut berlangsung selama dua hari. Pelatihan ini sangat memudahkan pegiat oltrad di Kubar dalam pembuatan gasing yang pada jaman dulu hanya menggunakan peralatan seadanya.

“Saya sangat senang ikut pelatihan ini sebab jaman dulu untuk buat gasing kita sangat susah, tapi  peminatnya cukup banyak. Namun sekarang terbalik, alat sudah bagus tapi peminatnya kurang. Sehingga oltrad ini harusnya bisa kita lestarikan dan ramaikan lagi,” kata salah satu pegiat oltrad dari komunitas Margo Singo Kubar, Matius. (luk/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: