Pasar Daihatsu di Kalimantan Cerah, Bisnis Otomotif Diyakini Naik

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Daihatsu kembali meluncurkan produk terbarunya, Rocky. Lantas, bagaimana Daihatsu mengembangkan pasar di tengah pandemi?

Kepala Wilayah Daihatsu Kalimantan Ronald Limanauw membeber trik penjualannya. Yaitu memerluas coverage atau jangkauan.

“Sebar dimana-mana. Ada Astra, ada TMS, dealer Serba Mulia, pokoknya yang bisa menjangkau semua orang,” ungkap Ronald, Kamis (1/7/2021).

Di Kalimantan, marketnya lebih menjanjikan. Bersama dengan Sumatera. Ekonomi di dua pulau ini dinilai lebih cepat pulih, ketimbang Jawa dan daerah lainnya di Indonesia.

“Market mobil paling banyak di Kalimantan. Lebih cepat pulihnya dibanding rata-rata wilayah lainnya. Jawa dan Indonesia Timur masih kalah,” imbuhnya.

Ronald yakin pasar otomotif bisa kembali pulih. Terlebih Daihatsu Rocky termasuk produk yang mendapat insentif PPnBM nol persen dari pemerintah.

pemprov iduladha

Dengan kebijakan itu, ia yakin minat membeli mobil ini bisa merangkak naik. Target pasarnya sendiri menyasar kelas menengah ke atas. Karena mobil keluaran terbaru ini memiliki fitur yang berbeda dari pendahulunya, Rocky 80-90an. Dan juga berbeda dengan Rocky 1.0L yang diluncurkan April lalu.

“Varian yang ini mesinnya 1.2L. Sampai 1.000cc,” ulasnya.

Perbedaan lainnya ada pada jenis bahan bakar. Yang tidak menggunakan diesel. Dan lebih banyak menyajikan fitur keselamatan dan lainnya. Namun, untuk ukuran tangki bensin dimodifikasi lebih sedikit. Hanya 32 liter.

“Berkurang karena tambah bagasi. Tapi irit karena ada eco driving nya,” sebut pria berkacamata ini.

Konsepnya juga SUV low dari roda depan. Tidak dari belakang seperti kebanyakan mobil. Sebab, mobil ini dimodifikasi untuk daerah perkotaan.

Karena itu wajar kalau sasarannya adalah kalangan menengah ke atas. Untuk target penjualan, pihaknya menargetkan 500 unit per bulan. Ronald optimistis. Karena market di Kaltim termasuk besar. Bisa mencapai 100-150 unit per bulan.

“Kami sudah jalan sebulan. Kami jualan se-Kalimantan ada sekitar 200 unit terjual karena masih nunggu suplai. Untuk angka 500-600 unit, kami optimistis,” ungkapnya lagi.

iduladha dprd kaltim

Fitur menarik lainnya adalah tampilan yang digital. Semua pilihan disisipkan pada setir. Mulai dari cc mobil, kecepatan, suhu, panas mesin, keterisian air carburator dan lainnya. Termasuk tampilan eco driving yang menunjukkan iritnya bahan bakar.

Saat dikendarai pun, tarikan Daihatsu Rocky tidak berat. Daihatsu Rocky juga menyedikan varian mobil manual dan matic.

“Rocky rata-rata penggunanya adalah orang-orang yang suka inovasi. Range umur penggunanya antara 25-45 tahun,” pungkas Ronald. (boy2)

 

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: