PKK Balikpapan Kirim 202 Paket Sembako untuk Warga yang Isolasi Mandiri

Balikpapan, nomorsatukaltim.com –Tim Penggerak PKK Kota Balikpapan memberikan bantuan sembako kepada warga kurang mampu yang melakukan isolasi mandiri (Isoman). Sedikitnya 202 paket bantuan ditebar ke seluruh kecamatan hingga Kamis (1/7/2021).

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Balikpapan Nurlena Rahmad Mas’ud mengatakan, bantuan yang diserahkan adalah untuk warga tak mampu yang menjalani isolasi mandiri di lima kecamatan. Yaitu Kecamatan Balikpapan Timur, Kota, Selatan, Utara, dan Tengah. Sebelumnya, telah diberikan bantuan juga di wilayah Kecamatan Balikpapan Utara.

“Bantuan ini khusus yang isoman di rumah khususnya bagi warga tak mampu. Sedangkan yang dirawat di rumah sakit tidak mendapatkan bantuan. Karena sudah menjadi tanggungjawab pihak rumah sakit untuk penanganannya,” kata Nurlena usai menyerahkan bantuan secara simbolis di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Balikpapan, pada Kamis (1/7/2021).

Kata dia, sebelumnya bantuan yang sama juga diberikan bagi warga tak mampu yang menjalani isolasi di rumah khususnya di Balikpapan Utara yang merupakan wilayah tertinggi kasus covid-19.
“Hari ini 202 paket, sebelumnya itu ada 170 paket. Karena memang yang pertama itu saya bagi yang di Utara itu yang memang zona merah awal-awal kemarin,” katanya.

Untuk data warga tak mampu yang terpapar covid-19 dan menjalani isolasi mandiri di rumah, pihaknya bekerjasama dengan Kelurahan, Kecamatan maupun Dinas Kesehatan Kota (DKK).
“Semuanya data dari Keder PKK. Kita tetap bekerjasama dengan DKK, dari Ibu Camat, Lurah dan dari kader PKK yang langsung turun ke lapangan,” ujarnya.

Untuk penyerahan bantuan, diserahkan langsung kader PKK namun yang telah divaksin. Menurutnya, rata-rata kader PKK sudah divaksin, karena data anggota PKK diserahkan ke DKK.

pemprov iduladha

“Syaratnya kader harus vaksin dulu baru dia boleh mengantarkan paket sembako, alhamudilah rata-rata sudah divaksin,” ucapnya. Dia berharap, kasus covid-19 bisa segera melandai dan seluruh masyarakat bersama Pemerintah maupun Satgas Penanganan Covid-19 aktif mensosialisasikan protokol kesehatan.

“Kita lihat perkembangan covid-19, semoga covid-19 ini akan landai. Jangan sampai trennya naik lagi. Semoga para tokoh masyarakat, RT, Lurah, Camat mensosialisasikan 6M tadi,” harapnya.
Sebelum menyerahkan, pihaknya melakukan koordinasi dengan kader PKK tingkat Kelurahan dan Kecamatan. Pelaksanaanpun berjalan singkat karena tidak diperkenankan waktu yang lama untuk mencegah kerumunan.

“Dalam beberapa paparan kader kelurahan dan kecamatan telah melaksanakan sosialisasi. Dari menggunakan masker dobel saat keluar, membagikan masker, dan sosialisasi protokol kesehatan. Bahkan di Kelurahan Sumberjo juga ada rumah singgah bagi yang negatif,” tutupnya. (fey)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: