Mental Atlet Paling Menentukan di PON XX Papua

Samarinda, nomorsatukaltim.com– Ada satu kata kunci mendasar untuk atlet. Agar mampu berbicara banyak dalam perhelatan turnamen besar.  Adalah kematangan mental tanding. Tempaan latihan fisik, taktik, dan teknik menjadi hambar tanpa memiliki mental juara yang sedari awal mesti dipupuk dalam diri.

Seseorang yang memiliki mental pemenang akan selalu berusaha menjadi yang terbaik dalam hal apa saja. Mereka punya tingkat kepercayaan tinggi mampu meraih tujuan dan target bidikkannya. Tak terkecuali bagi atlet Kaltim yang akan berlaga di PON XX Papua. Yang mental itu juga bisa didapat dari satu program khusus.

Ketua Litbang KONI Kaltim, Suryadi Gunawan menuturkan waktu tiga bulan jelang penyelenggaraan even paling akbar itu. Dirinya bersama bidang sport science tengah fokus meningkatkan persoalan mental atlet.

“Terkhusus mental. Ini yang akan kita benahi. Karena 90 persen ketika mental sudah down, menjadi percuma seluruh latihan fisik taktik dan teknik selama masa persiapan itu di lakukan,” katanya, Rabu 30 Juni 2021.

“Bekerja sama dengan litbang dan sport science untuk peningkatan mental. Ada beberapa materi khusus terkait bimbingan mental atau kebugaran mental, tujuannya adalah atlet senantiasa memiliki sikap gembira. Baik di luar maupun di dalam pertandingan,” imbuhnya.

Suryadi menegaskan, soal mental memang satu bagian inti yang tak bisa dipisahkan. Bagaimana caranya mengontrol tekanan dalam satu pertandingan. Karena over confidence juga suatu sikap blunder, yang justru melemahkan si atlet.

“Sisa waktu yang ada ini kita fokus terhadap apa itu hormon bahagia, adrenalin, perasaan senang. Itu yang kita matangkan sebelum berlaga di PON Papua juga even even berikutnya,” pungkasnya. (frd/fdl)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: