PASI Kukar Segera Muskab

Samarinda, nomorsatukaltim.com Pengkab Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kutai Kartanegara diminta segera melaksanakan musyawarah kabupaten (muskab) untuk menentukan Ketua Umum periode 2021 – 2025.

Selain untuk mempersiapkan atlet jelang even kejuaraan pada masa mendatang. Organisasi mesti berjalan tertib dan harmonis.

Koordinator bidang hukum PASI Kaltim, Darmin Balfas menerangkan panjang lebar perihal persoalan internal cabor. Salah satunya untuk segera menjalankan muskab. Selain memilih ketua baru, juga bisa mengembalikan jati diri atletik Kukar sebagai cabang olahraga andalan.

Dia menegaskan telah diberikan amanah oleh Ketua Umum PASI Kaltim agar bisa membantu menyelesaikan persoalan yang ada.

“Kepengurusan mereka sudah demisioner sekian lama. Entah dimana titiknya rumit untuk mengganti atau memilih Ketua. Sebelumnya sudah di lakukan penunjukan kareteker pertama ternyata tidak bisa menyelesaikan kemelut yang ada,” katanya, Selasa 29 Juni 2021.

Bahkan Darmin tak segan menyebut faktor lain. Yakni banyaknya unsur kepentingan. Baik dari KONI Kukar maupun oknum di internal cabor. Jadi dia ditunjuk sebagai karteker. Maka Darmin langsung komunikasikan dengan KONI Kukar untuk mendukung proses penyelesaian ini.

“Dalam pengertian stabilitas cabor PASI Kukar sendiri harus berjalan sesuai dengan AD/ART organisasi,” tambahnya.

Darmin sengaja mengambil inisiatif dengan membangun komunikasi dengan KONI Kukar terlebih dulu. Sebagai induk organisasi yang mengayomi banyak cabor. KONI Kukar diyakini bisa membantu mengurai benang kusut persoalan yang timbul.

Meski tadi, secara struktural KONI Kukar tak bisa berbuat banyak. Selain memberikan masukan logis yang bersifat membangun, demi kelangsungan hidup cabor.

“Itulah yg pertama saya sikapi. Secara induk organisasi KONI Kukar bisa memberikan saran. Tapi secara struktural organisasi jelas tidak bisa,” tandasnya.

Darmin menjelaskan, langkah jitu yang akan ia lakukan adalah dengan melaksanakan muskot pada 7 Juli 2021 nanti. Dia ingin di forum tersebut seluruh elemen yang hadir sudah tidak lagi bicara siapa atau apa? selain murni menentukan Ketua Umum terpilih.

Sebagai cabor yang setiap even kejuaraan memiliki banyak nomor tanding. PASI Kukar juga daerah lainnya mestinya saat ini sedang mempersiapkan atlet terbaiknya. Karena di tahun 2023, Kaltim akan bertindak sebafai tuan rumah Pra Popnas.

“Jelas, pertama setelah PON itu akan ada Popda di Grogot bulan November 2021. Lalu Porprov Berau tahun 2022, lanjut di 2023 Pra Popnas Kaltim sebagai tuan rumah,” pungkasnya. (frd/fdl)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: