Tim Sepak Bola PON Kaltim Masih Tunggu Tes Fisik

Samarinda, nomorsatukaltim.com– Tim sepak bola Kaltim yang akan diberangkatkan ke Papua Oktober 2021 nanti masih menunggu tes fisik akhir. Dari situ juga ditentukan skuat yang akan diturunkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Sembari latihan dengan memperbanyak uji coba melawan klub lokal yang ada di Samarinda.

Dikatakan Rahmat Hidayat pelatih sepak bola Kaltim menjelaskan sejak dua minggu terkahir ini untuk mematangkan persiapan anak asuhnya jelang PON. Tes fisik tersebut kemungkinan berlangsung akhir Juli 2021 sambil berlangsungnya pemusatan latihan oleh KONI Kaltim. Puslatda sendiri sedianya di laksanakan pada awal bulan depan.

“Setiap pagi hari kami latihan di lapangan Tridaya Samarinda, cuman kendalanya kalau hujan seperti beberapa hari terkahir kita tunda latihan, sayang nanti lapangannya. Sementara kalau sore anak-anak latihan gym,” kata Rahmat, Senin (28/6) kemarin.

Soal kapan puslatda digelar, Rahmat tak mau berspekulasi. Baginya tim sepak bola Kaltim mau tidak mau harus segera mempersiapkan diri dengan baik. Mulai fisik, taktik dan teknik tandingnya. Juga mesti meningkatkan mental dan skill pemain.

“Saya belum dapat info resmi soal puslatda. Tapi kita berharap bisa segera dilakukan mengingat PON tinggal menyisakan waktu tiga bulan lagi,” terangnya.

Di sisi lain anak asuhnya sudah mengalami peningkatan pesat. Seperti saat menang 4-1 dalam uji coba dengan klub lokal. Rahmat melihat anak asuhnya cukup bisa menjalankan intruksi dari pelatih. Meski mengaku puas dengan kemenangan yang di raih asuhanya.

pemprov iduladha

“Kemarin sparing lawan klub lokal Sungai Dama Samarinda, kami menang dengan skor 4-1. Senang pastinya, tapi saya lebih suka melihat anak-anak mempraktikan saran ketimbang skor akhir. Secara keseluruhan sudah cukup bagus,” tandasnya.

Nilai tambahanny pada laga uji coba tersebut, tim bermain aktif dan memberikan pressing selama 90 menit. “Tekniknya juga bagus sesuai arahan kita. Ada sedikit masalah soal fisik pemain yang baru gabung, kami anggap wajar,” bebernya.

Dalam waktu dekat, Rahmat menginginkan timnya bisa kembali tanding melawan Borneo FC Samarinda. Sebelum Pesut Etam berangkat menuju Liga 1 yang berpusat di Jawa. Tujuannya untuk membentuk mental pemain. Mengingat lawan yang dihadapi adalah wakil satu-satunya asal Kaltim yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola nasional.

“Saya harap bisa dapatkan waktu terbaik sebelum mereka berangkat ke Jawa. Itu jelas tujuannya untuk mengasah mental anak-anak melawan tim sekelas Borneo FC,” pungkasnya. (frd/fdl)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: