Lanal Balikpapan Gelar Vaksinasi Massal di Pelabuhan Semayang

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Dalam rangka percepatan penanggulangan penyebaran virus COVID-19, Pangkalan TNI AL (Lanal) Balikpapan melaksanakan vaksinasi massal bagi seluruh masyarakat. Vaksinasi berkolaborasi dengan Pelindo IV, KSOP kelas I Balikpapan, dan Kantor kesehatan Pelabuhan (KKP).

Kegiatan bertajuk serbuan vaksinasi ini dalam rangka menyikapi program pemerintah, sebagai salah satu langkah efektif untuk menekan korban terjangkit dan mencegah penyebaran COVID-19 di wilayah Balikpapan.

Dalam kegiatan ini, hadir meninjau langsung Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Balikpapan Kolonel Laut (P) Siswo Widodo, Kepala KSOP Kelas I Balikpapan M.Takwim, General Manager Pelindo IV Balikpapan Iwan Sjafarudin, dan Kepala KKP Balikpapan M Zainul Mukhorobin di Pelabuhan semayang Balikpapan, Selasa (29/06/21).

“Kegiatan serbuan vaksin ini diperuntukan bagi masyarakat Balikpapan yang belum melaksanakan vaksinasi pada serbuan vaksin gelombang pertama yang lalu,” ujar Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Balikpapan Kolonel Laut (P) Siswo Widodo.

Lanjut Danlanal, program serbuan vaksin ini merupakan bagian dari program 1 juta vaksin yang dicanangkan Pemerintah. Tim kesehatan dari Balai Kesehatan Pangkalan TNI AL Balikpapan yang dipimpin oleh Lettu Laut (K) dr M Ridwan, bekerja sama dengan KKP.

“Pelaksanakan vaksinasi yang dimulai pada pukul 09.00 Wita sampai dengan pukul 12.00 Wita bekerja sama dengan pihak terkait di seputaran Pelabuhan Semayang Balikpapan,” jelasnya.

Dalam Kegiatan serbuan vaksin hari ini, tim kesehatan Pangkalan TNI AL Balikpapan menerapkan tiga tahapan sebelum proses vaksinasi.

Pertama yaitu pendaftaran pasien, kedua tekanan darah dan pengecekan kesehatan secara umum. Apabila tekanan darah dinyatakan normal dan kondisi fisik dinyatakan sehat, maka pasien dapat menuju meja vaksinator untuk menerima vaksin.

Selanjutnya, warga yang sudah divaksin akan menerima sertifikat. Jenis vaksin yang digunakan pada vaksinasi massal kali ini merupakan vaksin Sinovac.

“Bagi para calon penerima vaksin hanya perlu mendaftarkan E-KTP dan nomor handphone sebagai syarat pendaftarannya,” tambah Danlanal.

Kegiatan serbuan vaksin ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan sampai dengan akhir Juli. Selanjutnya menunggu perintah dari komando atas, dalam hal ini pemerintah pusat.

“Dan mengapa Semayang dipilih sebagai tempat pelaksanaan vaksin ini, dikarenakan seluruh warga Balikpapan mengenal tempat ini dan pelabuhan Semayang juga merupakan salah satu tempat keluar masuknya warga Balikpapan maupun di luar Balikpapan,” tutup Danlanal Balikpapan. (bom/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: