HUT ke-75 Bhayangkara, 10 Jurnalis Kaltim Touring ke Sulsel

Wakapolresta Samarinda: Kegiatan Ini Penuh Makna

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Sebanyak sepuluh Jurnalis asal Kutai Kartanegara (Kukar) dan Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), memulai perjalanan menuju Pare-pare, Sulawesi Selatan (Sulsel) menggunakan Kapal Prince Soya dari Pelabuhan Samarinda, Minggu (27/6/2021) siang tadi sekitar pukul 14.00 Wita.

Perjalanan dengan tema Jurnalis on Trip 2021 ini digelar dalam rangka HUT ke-75 Bhayangkara. Dengan menggunakan sepeda motor yang sehari-hari digunakan untuk mencari berita.

Untuk diketahui, pelepasan peserta berlangsung di Mapolsekta KP3 Samarinda. Dihadiri langsung oleh Wakapolresta Samarinda AKBP Eko Budiarto, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Samarinda Haji Syahril, Kepala KSOP Kelas II Samarinda Mukhlis Tohepaly, Kapolsekta KP3 Kompol Angga Indarta, serta sejumlah undangan lainnya.

Koordinator Touring, Andi Marmin mengungkapkan banyak terima kasih atas semua dukungan yang diberikan.

“Alhamdulillah kegiatan dalam rangka HUT Bhayangkara ini banyak yang men-support kami,” ucap Asho, sapaan akrabnya.

Adapun jumlah peserta yang awalnya ikut berjumlah 15 orang. Namun terang Asho, karena ada beberapa hal. Sehingga hanya ada sepuluh orang saja yang berangkat.

“Untuk kendaraan yang digunakan ada delapan unit sepeda motor berbagai jenis. Ada vespa, motor custom, dan sepeda motor standar lainnya,” urai kontributor TV One Kaltim ini.

jurnalis1

Wakapolresta Samarinda AKBP Eko Budiarto saat berfoto bersama dengan para Jurnalis yang akan melakukan touring ke Sulsel. (Ist)

Sebelum keberangkatan, jelas Asho, seluruh peserta telah menjalankan tes swab polymerase chain reaction (PCR) di Puskesmas Temindung Samarinda, dengan hasil negatif COVID-19. Serta menyiapkan surat jalan kendaraan dan kelengkapan lainnya. Seperti menghidupkan SIM dan STNK.

“Bukan hanya itu, kita juga sudah melaporkan kegiatan ini ke Polda Kaltim serta Polda Sulsel. Berkoordinasi langsung dengan Kabid Humas masing-masing Polda,” katanya.

Setibanya di Sulsel, para Jurnalis ini akan menyinggahi tujuh Polres-polres di sepanjang jalur dan finis di Toraja.

“Ada tiga visi kami. Pertama sosialisasi bahaya COVID-19, sosialisasi tertib berlalu lintas, dan terakhir mengenalkan serta membangkitkan wisata nusantara saat pandemi,” beber Asho.

Kegiatan ini ucapnya, berlangsung hingga 30 Juli mendatang. Rombongan diperkirakan tiba kembali di Samarinda pada 1 Juli, tepat di hari peringatan HUT Bhayangkara.

Sementara itu, Wakapolresta Samarinda AKBP Eko Budiarto mendoakan, agar seluruh rekan-rekan Jurnalis yang mengikuti kegiatan ini bisa selamat sampai tujuan dan kembali ke Samarinda dengan sehat.

“Kegiatan ini penuh makna. Ini adalah kegiatan yang saya pikir dan saya lihat penuh dengan uji nyali. Tapi mudah-mudahan, semua rekan-rekan selalu dalam perlindungan Allah SWT. Karena niat baik tentu akan selalu dilindungi-Nya,” ungkap Eko.

Apalagi lanjutnya, kegiatan ini memiliki visi yang sangat bagus. Terutama dalam mengampanyekan bahaya COVID-19.

“COVID-19 itu tidak memandang status. Banyak anggota Polri yang tumbang atau meninggal akibat wabah ini,” tegasnya. (bay/zul)

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: