Mariando, Striker Persiba yang Pernah Bangkit dari Tipes

Balikpapan, nomorsatukaltim.com– Tak berjalan mulus. Mungkin kalimat itu yang sedikit menggambarkan karir striker anyar Persiba, Mariando. Pemilik nama lengkap Mariando Berbatov Djunok Uropmabin itu mesti bangkit. Karena mesti berjuang melawan sakit yang pernah dideritanya.

Di usia 18 tahun, Mariando sudah dapat panggilan timnas pelajar. Sayang hanya sebentar. Lantaran pemain asal Papua itu menderita tipes. Membuat dia mesti istirahat selama enam bulan. Tentunya juga mundur dari skuat Timnas Pelajar U-18.  Kondisi tersebut sempat membuat dia pesimis akan kelanjutan karirnya di sepak bola.

”Sempat masuk timnas pelajar U-18, tapi saya tidak lanjut karena sakit tipes. Akhirnya Istirahat enam bulan,“ ingatnya.

Motivasi dari keluarganya lah yang membuat Mariando bangkit. Meningat memang dia satu-satunya harapan keluarga. Setidaknya bisa bermain di kasta tertinggi sepak bola nasional. Karena kakaknya hanya bisa bermain di Divisi III Jayapura. Enam bulan pasca tipes, Mariando benar-benar bangkit. Dia langsung direkrut Sriwijaya FC U-21, pada 2016 lalu. “Dari Sriwijaya karir saya berlanjut,” ujarnya.

Rezekinya sepertinya ada di Sumatera. Ya, sebelum ke Sriwijaya dia sempat membela Semen Padang 2015. Kembali lagi ke Padang empat tahun kemudian. Setelah berpetualang dari Perseru Serui (2017), Barito Putera (2018). Terakhir dia memperkuat Arema FC, sebelum akhirnya berseragam Persiba.

“Dan puji tuhan, tahun ini saya bisa bersama Persiba Balikpapan. Tim dengan pelatih dan manajemen sangat profesional,“ tambahnya.

Bergabung bersama Persiba tentu menambah deretan pemain Papua. Dia pun kini jadi tumpuan Persiba. Menambah daya gedor lini serang. Buktinya saat uji coba dengan PSS Sleman. Yang saat itu langsung membuat Persiba langsung merekrutnya. Tapi gol ke gawang Sleman hanyalah uji coba. Mariando sadar bahwa perjuangan yang sesungguhnya pada Liga 2 nanti.

“Dengan kekompakan tim dan manajemen serta pelatih, saya optimis Persiba bisa naik ke Liga 1. Dan itu jadi target saya harus berusaha untuk bisa bantu Persiba naik kasta,“ tutupnya. (fdl2)

 

Simak video terbaru dari Nomor Satu Kaltim: